Ketentuan Beasiswa Politeknik Banjarnegara Tahun 2023/2024

 BEASISWA

BEASISWA KIP KULIAH

a)  Ketentuan beasiswa KIP-Kuliah diatur pada Panduan KIP – Kuliah yang dikeluarkan oleh Kemendikbud.

b)   Fasilitas dari beasiswa KIP-Kuliah adalah bebas biaya kuliah dan memperoleh uang saku sesuai dengan ketentuan dari Kemendikbud.

c)  Jumlah kuota mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah di Politeknik Banjarnegara pada TA 2023/2024 diajukan sebanyak 30 (tiga puluh) mahasiswa untuk tiga Progam Studi.

d)    Pendaftaran beasiswa KIP-Kuliah dilakukan secara on-line melalui kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau di KIP Kuliah mobile apps oleh calon mahasiswa dilanjutkan dengan verifikasi dan seleksi oleh Politeknik Banjarnegara.

BEASISWA PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

a)    Beasiswa PPA diberikan oleh Kemendikbud bagi mahasiswa yang menempuh minimal semester II dan maksimal semester IV atau sesuai ketentuan Kemendikbud.

b)    Kriteria mahasiswa penerima beasiswa PPA berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

c)    Fasilitas dari beasiswa PPA adalah berupa bantuan biaya pendidikan menyesuaikan ketentuan dari Kemendikbud.

d)    Pendaftaran beasiswa PPA dilakukan di Sub. Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Politeknik Banjarnegara sesuai ketentuan dan jumlah kuota dari Kemendikbud.

BEASISWA POLITEKNIK BANJARNEGARA

1)    Beasiswa Politeknik Banjarnegara terbuka bagi seluruh mahasiswa baru di semua Program Studi dengan syarat utama memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik.

2)    Kriteria mahasiswa baru penerima beasiswa Politeknik Banjarnegara adalah nilai rata-rata minimal rapor semester Gasal di kelas XII (atau semester 5) yaitu 7,50 dan dibuktikan dengan fotocopy rapor yang dilegalisir.

3)    Diprioritaskan pernah juara 1 s.d 3 pada lomba baik yang bersifat akademik maupun non akademik minimal di tingkat kabupaten, dibuktikan dengan piagam.

5)    Fasilitas yang diperoleh dari beasiswa ini adalah potongan biaya DPP dan biaya SPP semester II s.d  VI masing-masing sebesar 50%.

6)    Ketentuan pendaftaran dan seleksi beasiswa Politeknik Banjarnegara sebagai berikut:

a) Formulir pendaftaran beasiswa diperoleh di panitia PMB setelah mahasiswa baru dinyatakan lulus seleksi di Politeknik Banjarnegara.

b) Mahasiswa baru mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran beasiswa beserta dokumen pendukung pada saat atau setelah melakukan registrasi dan menyerahkan bukti registrasi kepada Panitia PMB Politeknik Banjarnegara.

c) Registrasi yang dimaksud pada poin (b) adalah membayar biaya SPP Semester I, Kemahasiswaaan, Seragam, PKKMB, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Asuransi dan Buku Panduan Akademik ke rekening Politeknik Banjarnegara.

d) Proses seleksi penerima beasiswa dilaksanakan selambat-lambatnya 2 minggu setelah masa akhir pendaftaran.

e) Seleksi yang dimaksud pada poin (d) adalah verifikasi dokumen pendukung dan verifikasi lapangan untuk dilakukan perankingan untuk memenuhi kuota beasiswa yang tersedia.

BEASISWA YATIM PIATU

a)    Beasiswa Yatim Piatu diberikan kepada mahasiswa baru yang berstatus yatim piatu, serta berasal dari keluarga yang kurang mampu, diprioritaskan yang memiliki prestasi akademik dan atau non akademik. Hal tersebut dibuktikan dengan surat keterangan dari desa/ kelurahan domisili yang bersangkutan, rapor dan atau piagam. Selain itu, calon mahasiswa diwajibkan menghadirkan seorang pendamping sebagai wali.

b)    Proses seleksi penerima beasiswa ini dilakukan dengan melakukan verifikasi lapangan oleh panitia.

c)   Fasilitas dari beasiswa yatim piatu adalah bebas biaya DPP dan bebas biaya SPP selama 6 semester (khusus semester 1 tetap membayar registrasi diluar biaya SPP, dan setiap semester tetap membayar biaya kemahasiswaan).

d)    Kuota beasiswa yatim piatu untuk masing-masing Program Studi adalah 1 (satu) mahasiswa.

BEASISWA KHUSUS DIFABEL

  • Beasiswa Khusus Difabel diberikan kepada calon mahasiswa baru penyandang difabilitas yang memiliki prestasi akademik serta mampu mengikuti kegiatan perkuliahan.
  • Fasilitas dari beasiswa khusus Difabel adalah bebas biaya DPP.
  • Dikhususkan untuk Program Studi Agroindustri dengan jumlah kuota 2 (dua) mahasiswa.