Wabup Beri Orasi Ilmiah pada Mahasiswa Baru Politeknik Banjarnegara

Wakil Bupati Banjarnegara Drs. Hadi Supeno, M.Si memberikan orasi ilmiah di hadapan mahasiswa baru Politeknik Banjarnegara, kemarin. Kegiatan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut digelar di auditorium gedung A Politeknik Banjarnegara. Orasi ilmiah dari Wabup merupakan salah satu rangkaian dalam kegiatan Pendidikan Dasar dan Kedisiplinan (Diksarlin) bagi seluruh mahasiswa baru Politeknik Banjarnegara tahun 2015.

Dalam orasi ilmiahnya yang mengangkat tema Pendidikan Karakter Menuju Tata Kehidupan dan Etika Kehidupan yang Baik, Wabup menyampaikan beberapa hal diantaranya kondisi bangsa Indonesia saat ini yang mulai kehilangan karakter dan identitas serta nilai-nilai luhur khususnya di kalangan pemuda. Dengan gaya khas yang penuh inspiratif dirinya mengajak seluruh mahasiswa Politeknik Banjarnegara untuk kembali kepada karakter dan nilai-nilai luhur bangsa serta budaya yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Pembentukan karakter harus dimulai dari diri sendiri, bisa dimulai dari lingkungan tempat tinggal masing-masing,” katanya.

Ketua Panitia Diksarlin 2015, Nur Azizah mengatakan kegiatan Diksarlin dilaksanakan selama tiga hari mulai 14–16 September mendatang. Berbagai rangkaian acara telah dipersiapkan untuk menyambut bergabungnya mahasiswa baru menjadi satu keluarga di Politeknik Banjarnegara. Menurut Azizah kegiatan Diksarlin merupakan salah satu wahana bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan melakukan proses adaptasi dengan lingkungan yang baru dan pengenalan berbagai hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran di perguruan tinggi. “Diksarlin merupakan salah satu upaya untuk membekali mahasiswa baru sebelum menempuh proses perkuliahan.. termasuk proses penyelenggaraan pendidikan dan peraturannya serta memperkenalkan berbagai kegiatan kampus sebagai tempat untuk belajar, berkarya, bersinergi dan meraih mimpi,” katanya.

Selain orasi ilmiah dari Wabup, beberapa materi yang disampaikan kepada peserta Diksarlin yakni Wawasan Kebangsaan dari Kodim 0704 Banjarnegara, Pendidikan Politik dari anggota DPRD serta training motivation. Pada hari terakhir Diksarlin digelar kegiatan sosialisasi safety riding bertempat di alun-alun Banjarnegara yang penyelenggaraannya bekerjasama dengan Satlantas Polres Banjarnegara. “Untuk menutup kegiatan, pada sore harinya dilakukan outbond dan fun game dari stadion Soemitro Kolopaking menuju kampus Politeknik Banjarnegara dan pergelaran pentas seni oleh mahasiswa baru pada malam harinya” ujar Azizah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *