Visi & Misi

VISI :
Menjadi Politeknik unggulan di Indonesia pada tahun 2025 yang menghasilkan lulusan yang kompeten, handal dan produktif.

MISI :

  1. Menyelanggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan bidang Kebidanan, Kesehatan Lingkungan dan Agroteknologi.
  2. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, profesional, kompetitif, siap bekerja, produktif, mandiri, dan siap berwirausaha.
  3. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan institusi pengguna/pasar.
  4. Menyelenggarakan penelitian untuk meningkatkan keunggulan dibidang ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya bangsa yang relevan dengan Program Studi yang diselenggarakan.
  5. Mengadakan pengabdian kepada masyarakat sesuai Program Studi yang ada untuk lingkungan masyarakat Kabupaten Banjarnegara dan masyarakat lain yang membutuhkan.
  6. Mengembangkan kemitraan dengan Perguruan Tinggi lain dalam rangka memperkuat dan mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan saling membantu dalam pengembangan ilmu pengetahuan, pengembangan Sumber Daya Manusia dosen, mahasiswa dan lulusan Politeknik Banjarnegara untuk pendidikan dan pelatihan lanjutan.
  7. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai institusi pengguna, baik regional, nasional, maupun internasional dalam rangka memperluas kesempatan kerja, pendidikan lanjutan dan penelitian.

TUJUAN :
Terdidiknya tenaga kerja ahli madya dalam bidang studi yang diselenggarakan, utamanya agar mempunyai kompetensi dalam bidangnya untuk diaplikasikan dalam lapangan pekerjaannya dan dapat bersaing dalam mengisi peluang kerja nasional dan internasional atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi berikutnya.

STRATEGI :

  1. Menyelenggarakan sistem rekruitmen tenaga dosen dan administrasi yang berkualitas.
  2. Pengembangan Organisasi menjadi Learning Organization dan menerapkan Total Quality Management serta standart mutu Organisasi Internasional (ISO) agar dapat menghasilkan mutu yang tinggi dan untuk mengikuti perubahan yang terjadi, sehingga menghasilkan pendidikan yang bermutu, kompetitif dan spesifik guna membentuk Sumber Daya Manusia yang handal dalam bidang Kesehatan Lingkungan, Kebidanan dan Agroteknologi.
  3. Melaksanakan continuing education bagi semua staf (Yayasan, staf manajemen dan dosen) guna pengembangan SDM yang capable dan kompeten dalam berbagai perubahan dan tantangan.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memanfaatkan potensi yang ada di masyarakat.
  5. Melakukan kolaborasi, kooperasi dan pengembangan jejaring (networking) dengan semua pihak yang potensial dan stakeholders.