Tumbuhkan Peduli Serayu dengan Lomba Artikel

Kampanye peduli lingkungan terutama daerah aliran sungai dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya yang dilakukan Politeknik Banjarnegara dengan menggelar lomba penulisan artikel tentang Sungai Serayu.

Lomba diikuti oleh para siswa SMA, MA dan SMK di wilayah DAS Serayu. Mereka berasal dari Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas dan Cilacap. Hingga akhir batas penerimaan artikel, terkumpul 34 karya siswa.

“Melalui kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa semangat untuk menjaga, merawat serta memanfaatkan Sungai Serayu dengan tetap memperhatikan kelestariannya,” kata Eko Apriliyanto, SP., M.Si, Ketua Panitia kegiatan.

Setelah dilakukan penjurian, terpilih sebagai juara pertama yakni artikel Andre Pupung Darmawan, siswa SMA 1 Bawang, Banjarnegara yang berjudul Agroforestryconomy : Solusi Permasalahan Sedimentasi di Waduk Mrica yang Terbawa Sungai Serayu.

Juara kedua diraih Antika Ristianingsih, siswa SMK 1 Kalibagor (Banyumas). Artikelnya berjudul Pengembangan Agrowisata dan Pelestarian Lingkungan untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Sekitar Sungai Serayu.

Adapun yang berhasil meraih juara ketiga, yakni Farah Fahrunisa, siswa SMA Muhammadiyah Wonosobo dengan artikel berjudul Peningkatan Potensi Aliran Sungai Serayu untuk Mendukung Ketahanan Pangan.

Banyak ide yang telah dituangkan dalam karya artikel para peserta membuat kami merasa bangga dan optimistis upaya pelestarian Serayu bisa diwujudkan. Kami juga berharap budaya menulis ini bisa terus dilestarikan sehingga bisa memberi sumbangan pemikiran dalam merawat Sungai Serayu,” ungkap Fanny Tri Raditya, SP., MP, seorang juri.

Wakil Bupati Banjarnegara, Drs. Hadi Supeno, M.Si mengapresiasi lomba tersebut dan diharapkan mampu mengajak siswa atau pelajar turut aktif merawat sungai di sekitarnya.

Juara Lomba Penulisan Artikel Sungai Serayu 2015 menerima piala dan uang pembinaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *