Tim Futsal Putri Politeknik Terbentuk

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahraga Politeknik Banjarnegara saat ini sedang menggodog tim futsal putri yang beranggotakan mahasiswi-mahasiswi dari tiga Program Studi (Prodi) yang ada. Tim dengan nama Polibara Angels tersebut resmi terbentuk awal Oktober lalu berdasarkan open recruitment yang dilaksanakan oleh UKM Olahraga.

Pembina UKM Olahraga, Yuni Alvianto A.Md mengatakan gagasan awal dibentuknya tim futsal putri dikarenakan saat ini perkembangan olahraga khususnya futsal di Kabupaten Banjarnegara sangat pesat, hal tersebut dibuktikan dengan sering digelarnya kompetisi futsal dengan jumlah peserta yang membludak. Namun, dirinya melihat untuk Kabupaten Banjarnegara kategori yang dilombakan masih didominasi untuk tim futsal putra, sementara untuk kota-kota besar, kategori futsal putri sudah umum dipertandingkan.

“Futsal putri sekarang sudah umum dilombakan, walaupun di Banjarnegara sudah ada namun kalau kita lihat atsmosfernya masih belum begitu terasa,” ungkapnya. Menurut Yuni, selain untuk menyalurkan bakat dan minat mahasiswi dalam olahraga futsal, Polibara Angels dibentuk untuk memperkuat rasa kekeluargaan.

Tim futsal Polibara Angels yang berjumlah sekitar 15 anggota, saat ini masih dalam tahap latihan dasar. Menurut Yuni, pada prinsipnya latihan yang diberikan pada tim futsal Polibara Angels tidak jauh berbeda dengan tim putra, terutama untuk teknik dasar futsal yang diberikan. “Latihan rutin dilakukan satu minggu sekali, dan untuk sementara dilatih oleh pemain-pemain tim futsal putra,” kata Yuni.

Seorang anggota, Oviana Rizki mengatakan permainan bola bukanlah olahraga yang asing baginya. Menurut dia, sejak kecil dirinya sudah sangat akrab dengan permainan sepak bola. “Sejak kecil saya sudah terbiasa bermain bola di lapangan. Kalau untuk futsal baru mencoba setelah bergabung dengan tim kampus, namun pada prinsipnya sama saja,” ungkap mahasiswi yang saat ini menjadi mahasiswa program studi Kebidanan.

Berbeda dengan Syarofina. Menurutnya olahraga futsal merupakan sesuatu yang baru baginya. Selama bergabung di Polibara Angels dirinya banyak mendapat pengetahuan tentang teknik bermain futsal. “Sekarang jadi tahu teknik dasar bermain futsal, seperti teknik menendang bola, passing dan pola permainannya,” ujar Vina, panggilan akrabnya. Menurut dia selain untuk kesehatan, tujuan dirinya bergabung dengan tim futsal putri adalah untuk menambah teman.

Sementara itu Kasubbag Kemahasiswaan, Alumni dan Pengembangan Karir Politeknik Banjarnegara, Ufic Sellina Dewi, S.Pd menyatakan dukungannya terhadap pembentukan tim futsal putri Politeknik Banjarnegara. Menurut dia, melalui UKM pihak kampus menyediakan sejumlah kegiatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mahasiswa, salah satunya UKM Olahraga.

“Tujuan diselenggaraknnya UKM adalah untuk mengembangkan potensi, minat, kepribadian, dan bakat yang ada pada diri mahasiswa serta untuk menggali lebih jauh potensi, minat, kepribadian, dan bakat tersebut.” Ungkap Ufic.

Selain itu, manfaat lain yang bisa diambil dengan mengikuti UKM diantaranya untuk mengetahui atau bahkan mengenal mahasiswa dari program studi lain. Lebih banyak teman memungkinkan mahasiswa untuk lebih bisa banyak lagi mendapatkan berbagai info yang mungkin berguna untuk mahasiswa nantinya.

Ditambahkan Ufic, melalui berbagai UKM yang ada diharapkan bisa menumbuhkan kreatifitas dan prestasi mahasiswa diluar disiplin ilmu yang ditekuni serta dapat menjadi modal berharga ketika mahasiswa lulus. “Untuk tim futsal putri diharapkan dapat mengikuti jejak tim putra yang telah terbentuk dan aktif mengikuti kompetisi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *