Tiga Mahasiswa Politeknik Banjarnegara Terima Beasiswa Mitra Polibara

Tiga Mahasiswa Politeknik Banjarnegara Terima Beasiswa Mitra Polibara

Penyerahan beasiswa tersebut berlangsung pada sela-sela Dies Natalis ke 13 Politeknik Banjarnegara, Jawa Tengah, kemarin, Jumat 11 Juni 2021 oleh SekdaBanjarnegaraa Drs Indarto.

Dr Tuswadi, Direktur Politeknik Banjarnegara, Sabtu (12/6/2021) menjelaskan, beasiswa Mitra Polibara merupakan Dana Bantuan Pendidikan bagi mahasiswa Politeknik Banjarnegara yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu.

Adapun sponsor beasiswa tersebut adalah semua kalangan baik individu, kelompok, yayasan, dan yang lainnya di dalam dan di luar lingkungan Politeknik Banjarnegara.

“Politeknik Banjarnegara menawarkan kepada para donatur baik individu maupun institusi untuk menjadi penyangga Beasiswa Mitra Polibara,” kata Dr Tuswasi.

Untuk tahun akademik 2020/2021 besarnya beasiswa sebesar Rp 750.000 –  Rp. 1.500.000/ semester untuk masing-masing mahasiswa penerima selama masa studi 3 tahun.

“Ini demi membantu mahasiswa-mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu sehingga mereka terus mempertahankan bangku kuliah hingga lulus dan sukses berkarir,” jelas Dr Tuswadi.

Sedang  dua mahasiswa penerima Neasiswa Mitra tahun ini adalah Yusuf Imam Nugroho, Fatmawati Nurmalasari dari D-3 Agroindustri dan Haidar Khaidar Rizki Herdiansyah dari D-3 Kesehatan Lingkungan.

Ketiganya meraih Indeks Prestasi (IP) di atas 3.30 dan aktif sebagai pengurus BEM (badan eksektif mahasiswa) Politeknik Banjarnegara.

“Saya sangat senang dan bersyukur menerima Beasiswa Mitra Polibara. Semoga ini makin memperkuat motivasi belajar dan berprestasi,” kata Tuswadi lagi.

Diakui Tuswadi, jika selama ini  dirinya kuliah sambil kerja karena orang tua benar-benar dari keluarga kurang mampu. Rupanya jejaknya diikuti oleh Yusuf saru satu mahasiswanya.

Selain Beasiswa Mitra Polibara, di Politeknik Banjarnegara tersedia sejumlah beasiswa yang bisa dilamar oleh mahasiswa baru untuk tahun akademik 2021/2022 di antaranya beasiswa KIP Kuliah, Beasiswa Polibara, Beasiswa Difabel, dan Beasiswa Yatim Piatu.

Beasiswa tersebut bisa dilamar setelah calon mahasiswa baru melakukan registrasi ulang sesuai ketentuan. Beasiswa KIP Kuliah berfasilitas gratis biaya kuliah selama 3 tahun dan mendapatkan tunjangan hidup bulanan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek RI.

Beasiswa Polibara berupa keringanan SPP dan DPP sebesar 50% mulai semester 2 sampai dengan semester 6. Beasiswa Difabel berupa keringanan DPP 50% dan Beasiswa Yatim Piatu gratis biaya SPP dan DPP selama masa studi tiga tahun.

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa dan penerimaan calon mahasiswa baru dapat diakses diwww.polibara.ac.id.

“Karena kuota untuk 4 beasiswa masih terbatas, saya selaku Direktur Politeknik sangat mengharapkan kedermawanan kelompok masyarakat kaya termasuk para legislator di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota untuk berkenan menjadi sponsor atau donatur Beasiswa Mitra Polibara,” ucapnya.

“Besarannnya tidak kami tentukan, disesuaikan dengan kemampuan para donatur. Intinya itu semua bisa meringankan beban finasial para mahasiswa berprestasi dari keluarga pra sejahtera di Politeknik Banjarnegara, kampus vokasi milik Pemkab,” terang Dr Tuswadi, Direktur Politeknik Banjarnegara.

Sementara Yusuf salah seorang penerima beasiswa menyampaikan terima kasih kepada sponsor yang telah memberikan beasiswa kepadanya.

“Saya optimis bisa meraih D-3 di Politeknik Banjarnegara. Terima kasih kepada para sponsor,” kata Yusuf yang sekarang juga kerja pada akhir pekan di Persemaian Banjarnegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *