Sejarah

Sejarah.
 
Politeknik Banjarnegara berdiri tanggal 11 Juni 2008 yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 100/D/O/2008 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-program Studi dan Pendirian Politeknik Banjarnegara di Banjarnegara Diselenggarakan oleh Yayasan Dipayuda Banjarnegara di Banjarnegara, serta didukung dengan Peraturan Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penjaminan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara terhadap Pendirian dan Penyelenggaraan Politeknik Banjarnegara.
 
Politeknik Banjarnegara terdiri dari 3 program studi. Berdasarkan potensi sumberdaya wilayah, sumberdaya manusia, permasalahan dan tantangan yang dihadapi Kabupaten Banjarnegara dan kabupaten di sekitarnya, maka dipilih 3 Program Studi (Prodi) yaitu Malariologi, Kebidanan dan Agroteknologi.
 
 
Visi Politeknik Banjarnegara
 
Menjadi Politeknik dengan standard mutu Nasional/Internasional yang mampu menghasilkan tenaga ahli madya bidang Malariologi, Kebidanan dan Agroteknologi yang handal dan produktif
 
Misi Politeknik Banjarnegara
  • Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan tenaga diploma III Malariologi, Kebidanan dan Agroteknologi yang kompeten di bidangnya, beriman dan bertaqwa dalam rangka mencerdaskan dan memberdayakan kehidupan bangsa serta memelihara nilai-nilai patriotisme, kejuangan dan kebangsaan Indonesia
  • Menghasilkan lulusan yang bermoral, tangguh, unggul, berjiwa pemimpin dan kewirausahaan dan tanggap terhadap perubahan nasional dan global.
  • Mengembangkan kurikulum sesuai dengan prediksi kebutuhan institusi pengguna.
  • Menyelenggarakan penelitian untuk meningkatkan keunggulan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya bangsa yang relevan dengan Program Studi yang diselenggarakan.
  • Mengembangkan kemitraan dengan berbagai institusi pengguna, baik regional, nasional maupun internasional dalam rangka memperluas kesempatan kerja, pendidikan lanjutan dan penelitian.
  • Mengadakan pengabdian masyarakat sesuai Program Studi yang ada untuk lingkungan masyarakat Kabupaten Banjarnegara dan masyarakat lain yang membutuhkan.