Program studi (Prodi) D3 Kebidanan Politeknik Banjarnegara menggelar sarasehan sebagai salah saru kegiatan untuk meningkatkan dan menghidupkan suasana akademik yang kondusif. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa angkatan satu, dua dan tiga serta diikuti oleh seluruh dosen Prodi Kebidanan.

Ketua Prodi D3 Kebidanan Dian Nirmala Sari menyatakan, sarasehan adalah bentuk forum rutin yang dilaksanakan setiap tahun bersama antara mahasiswa dengan pengelola program studi untuk menumbuhkan suasana akademik yang baik dalam proses pembelajaran. Mahasiswa bisa menyampaikan pengalaman mahasiswa selama proses perkuliahan di kelas dan di lahan praktik, sehingga terjadi kesinambungan antara kinerja dosen dengan mahasiswa.

Mahasiswa tingkat tiga saat ini telah melaksanakan kegiatan praktik klinik sehingga dapat memberikan gambaran kegiatan dan bertukar pengalaman kepada adik tingkat untuk menumbuhkan motivasi belajar. “pokoknya kalau sudah berangkat praktik klinik, kita bener-bener belajar teori dan praktik harus seimbang dan kita jadi merasa bangga kuliah di politeknik Banjarnegara. Karena kita mampu memberikan asuhan kepada klien dan juga mampu bersaing dengan institusi yang lain”. Ucap laila

Kegiatan ini juga di isi dengan pendampingan narasumber yakni psikolog Banjarnegara, Ibnu Sina, M.Psi dengan tema “One Team, One Mission”.  Program studi D3 Kebidanan sebagai penyelenggara pendidikan bagi para calon bidan menghasilkan bidan yang kompeten dan kompetitif diperlukan kekompakan setiap personal untuk mencapai tujuan tersebut. “Cara meleburkan ego salah satunya dengan mencari, menemukan, dan memperbanyak persamaan antar pribadi dalam satu kelompok kerja. Hari ini para mahasiswi kami latih untuk itu,” tutur Ibnu Sina.

Untuk membuat kegiatan ini menarik, Ibnu Sina memanfaatkan teknik permainan (game) di awali dengan gerak badan/olah raga ringan, menyanyikan lagu untuk mengecek konsentrasi dan saling mengenal nama, alamat, hobi antar peserta, dll. Kegiatan ini sangat berkesan baik bagi mahasiswa dan pengelola program studi dan siap untuk lebih bersemangat dalam kegiatan selanjutnya.