Rayakan Idul Adha, Politeknik Sembelih Hewan Kurban

1Rayakan Idul Adha 1435 H, Politeknik Banjarnegara melaksanakan penyembelihan hewan kurban berupa seekor sapi, Minggu (5/10). Bertempat di lapangan parkir sebelah barat, penyembelihan dimulai pukul 08.00 WIB dan disaksikan langsung oleh Direktur, Pembantu Direktur, Dosen dan Karyawan di lingkungan Politeknik Banjarnegara.

Direktur Politeknik Banjarnegara Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum mengatakan ibadah kurban yang dilaksanakan rutin setiap tahun di lingkungan Politeknik Banjarnegara bisa menambah rasa kebersamaan dan kekeluargaan. “Adanya momentum hari raya Idul Adha ini bisa meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan melaksanakan kurban yang dagingnya dibagikan, serta menambah rasa kebersamaan dan kekeluargaan bagi keluarga besar Politeknik Banjarnegara,” ujar Teguh.

Menurut dia, pemotongan hewan kurban merupakan perintah agama dari Allah SWT dan tuntunan syariah Islam kepada umat manusia yang beriman dan bertaqwa. Perintah berkurban sudah dilakukan sejak zaman Nabi Ibrahim a.s yang mendapat wahyu untuk menyembelih anak kandung tercintanya Nabi Ismail AS. Tradisi itu diabadikan dalam momen sejarah Islam.

“Untuk itu sudah sepantasnyalah kita selaku kaum muslimin dan muslimat untuk patuh dan taat terhadap perintah agama Islam. Bagi yang mampu, hendaknya dapat memenuhi perintah Allah SWT itu untuk berkurban,” kata Teguh.

Dirinya menambahkan, kesadaran civitas akademika Politeknik Banjarnegara untuk berqurban semakin meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari semangat untuk melaksanakan qurban. Selain semangat berqurban, kata Teguh, yang terpenting adalah membagikan daging hewan qurban tersebut kepada yang berhak menerimanya.

Ketua Panitia, Arif Rahmawan, SE mengatakan untuk distribusi daging hewan kurban kepada masyarakat sekitar kampus, pihaknya menjalin kerjasama dengan Pemerintah Desa Kenteng. “Dalam setiap pelaksanaan kurban, kita selalu menjalin kerjasama dengan pihak desa karena pihak desa yang memiliki data kependudukan,” ungkapnya. Dia berharap kegiatan penyembelihan hewan kurban dapat terus dilaksanakan setiap tahun dan terus mengalami peningkatan untuk tahun-tahun berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *