Program unggulan program Studi D3 Kebidanan Politeknik Banjarnegara yakni asuhan kebidanan CoC (continuity of care) melalui metode OSOC (one student one client). Progam OSOC merupakan salah satu strategi pemerintah untuk melibatkan mahasiswa dari jurusan kedokteran, kebidanan dan keperawatan dalam upaya menekan angka kematian ibu dan bayi. Dalam program tersebut, seorang mahasiswa akan mendampingi seorang ibu dari masa kehamilan, bersalin sampai dengan masa nifas selesai, dan juga program keluarga berencana serta asuhan pada bayi.

 

Pelaksanaan kegiatan OSOC dimulai dari kegiatan koordinasi dan apersepsi bagi pembimbing klinik yang telah ditunjuk oleh lahan praktik di setiap puskesmas yang ditempati dan pembimbing akademik yang berasal dari dosen program studi kebidanan yang telah ditetapkan oleh institusi. Kegiatan berikutnya adalah pembekalan kepada mahasiswa untuk memberikan penjelasan pemberian asuhan dan kesiapan mahasiswa dalam melakukan pendampingan.

 

Ketua Program Studi D3 Kebidanan, Dian Nirmala Sari, S.SiT., M.Tr.Keb mengatakan “Progam OSOC menjadi bagian utama dalam kurikulum pembelajaran di program studi D3 Kebidanan. Program tersebut menjadi bagian dari laporan tugas akhir mahasiswa. Oleh karena itu, kegiatan ini dilaksanakan pada semester akhir proses pembelajaran. Kemitraan Politeknik Banjarnegara dengan instansi pemerintahan dan industri membentuk mahasiswa dan alumni siap bersaing di industri dan pelayanan di dunia kerja”.

 

Keberhasilan pelaksanaan pendampingan juga sangat dipengaruhi oleh proses dan pelaksanaan bimbingan pembimbing klinik saat mahasiswa memberikan asuhan secara labgsung kepada klien. Pembimbing klinik dari Puskesmas Pagentan, Ratnawati, S.SiT mengatakan “ program ini sangat bagus  bagi para calon bidan untuk menyiapkan para calon bidan siap memberikan asuhan kebidanan saat kerja nanti. Sehingga mahasiswa sudah terbiasa dalam memberikan asuhan. Dan hasil program ini sangat terlihat dari kepercayaan diri mahasiswa Politeknik Banjarnegara saat memberikan asuhan dibandingkan dengan mahasiswa yang lain”. Progam Studi D3 Kebidanan, Kompeten Dan Kompetitif.

admin

Perguruan Tinggi Vokasional Jenjang Diploma III Bidang Kesehatan dan Pertanian

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *