Program Double Track Antara D3 Agroindustri Polibara Dan SMAN 1 Batur Banjarnegara

Sejak Tahun Pelajaran 2020/2021 SMA Negeri 1 Batur Banjarnegara menggandeng Program Studi D-3 Agroindustri Politeknik Banjarnegara (Polibara) untuk melaksanakan Program Kecakapan Hidup Bidang Pertanian bagi peserta didik kelas XII melalui Program Double Track. Peserta didik dari SMA mengikuti Pelatihan Keterampilan di bawah bimbingan para dosen Prodi D-3 Agroindustri baik berupa teori maupun praktik yang bertempat di kampus Politeknik Banjarnegara dan di sekolah mitra. Kompetensi yang dipilih oleh SMA N 1 Batur berupa keahlian (1) hidroponik, (2) pengolahan roti, dan (3). pemasaran produk dan jasa pertanian. Pada akhir kegiatan, di bawah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian Nasional para peserta didik akan menjalani Uji Kompetensi Bidang Pertanian sesuai dengan kepeminatan yang telah dipilih oleh masing-masing peserta agar memperoleh Sertifikat Kompetensi yang diterbitkan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Sertifikat Kompetensi ini sebagai salah satu bekal memasuki dunia kerja bagi peserta didik yang tidak melanjutkan studi.

Sebuah inovasi SMA N 1 Batur yang patut diapresiasi sebagai jenjang Sekolah Menengah Atas tetapi mampu membekali keterampilan bagi anak didik dengan kompetensi kejuruan/ vokasi. Program Double Track jenjang SMA ini merupakan salah satu program unggulan yang di inisiasi oleh SMAN 1 Batur sebagai keahlian  tambahan bagi lulusan. Program SMA/MA Double Track yang dimaksud adalah SMA/MA yang melaksanakan kegiatan KBM reguler dan menyelenggarakan kegiatan pembekalan keterampilan secara berdampingan dengan memanfaatkan kearifan lokal. Salah satu dari tujuan utama dari program ini yakni memberikan keterampilan kepada siswa SMA/MA sehingga jika mereka lulus sehingga lulusan tersebut memiliki bekal mandiri untuk berwirausaha atau bekerja di daerahnya sesuai skill yang didapatkan. Kerjasama Program Double Track Politeknik Banjarnegara dan SMAN 1 Batur telah dilakukan sejak tahun 2020.

Pengembangan Kurikulum Program SMA/MA Double Track disusun oleh pihak yang berkompeten sesuai bidangnya. SMAN 1 Batur bekerjasama dengan Polibara khususnya Program Studi D-3 Agroindustri sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Polibara juga telah diberi lisensi oleh LSP Pertanian Nasional Malang sebagai TUK (Tempat Uji Kompetensi) Pertanian. Ruang lingkup dari TUK Pertanian ini bahwa Polibara dapat digunakan oleh masyarakat umum dalam penyelenggaraan Uji Kompetensi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sektor pertanian. Polibara saat ini membuka peluang seluas-luasnya dalam hal kerjasama double track dan penyelenggaraan uji kompetensi bidang pertanian bagi jenjang sekolah menengah atas maupun masyarakat umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *