Prodi Kesehatan Lingkungan Jalani Re-akreditasi

Prodi Kesehatan Lingkungan Jalani Re-akreditasi

Program Studi (Prodi) Diploma 3 Kesehatan Lingkungan Politeknik Banjarnegara selama tiga hari terhitung Kamis (9/1) hingga Sabtu (11/1) menjalani serangkaian proses reakreditasi berupa visitasi lapangan yang penilaiannya dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Hadir sebagai asesor yang melakukan asesmen lapangan yaitu Defriman Djafri, S.KM., M.KM., Ph.D dan Hajimi, S.KM., M.Kes.

Ketua Prodi Kesehatan Lingkungan, Bayu Suseno, S.KM., M.Kes. mengatakan LAM-PTKes merupakan lembaga yang bertugas melakukan penilaian akreditasi terhadap program studi kesehatan pada perguruan tinggi di Indonesia. Saat ini Prodi Kesehatan Lingkungan memiliki peringkat akreditasi “B” berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor : 466/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XII/2014, tanggal 14 Desember 2014. “Proses re-akreditasi dilaksanakan setiap lima tahun. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen untuk selalu meningkatkan mutu kualitas pendidikan di Politeknik Banjarnegara,” kata Bayu.

Sebelum dilaksanakan visitasi, telah dilakukan penilaian dari borang akreditasi yang telah diajukan sebelumnya. Borang akreditasi meliputi 7 standar penilaian diantaranya visi dan misi program studi, tata pamong, mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, sarana-prasarana, serta keluaran penelitian dan pengabdian masyarakat.

Serangkaian kegiatan penilaian oleh tim asesor LAM-PTKes diantaranya meliputi presentasi program studi yang dilanjutkan sesi tanya jawab untuk mengeksplorasi materi presentasi dan tanya jawab dengan berbagai elemen sumber daya program studi yaitu mahasiswa, dosen dan alumni serta tenaga kependidikan, verifikasi dokumen, serta visitasi observasi fasilitas laboratorium, ruang perkuliahan, perpustakaan dan sistem informasi manajemen serta kerjasama antar lembaga.

“Visitasi dilakukan sebagai upaya pencocokan antara borang yang diajukan dengan keadaan nyata di lapangan. Tahapan penilaian akreditasi diakhiri dengan penandatanganan berita acara visitasi lapangan oleh tim akreditasi LAM-PTKes dan Direktur Politeknik Banjarnegara,” katanya.

Direktur Politeknik Banjarnegara, Dr. Tuswadi mengatakan Prodi Kesehatan Lingkungan merupakan salah satu Prodi yang ada di Politeknik Banjarnegara selain Prodi Kebidanan dan Agroindustri. Dirinya berharap setelah proses reakreditasi dari LAM-PTKes, mutu serta kualitas pendidikan khususnya pada Prodi Kesehatan Lingkungan dapat meningkat menjadi semakin baik lagi. “Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak utamanya kepada kedua asesor yang selama proses asesmen lapangan juga telah memberikan berbagai masukan penting untuk pengembangan Prodi Kesehatan Lingkungan di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *