Prodi Kebidanan Lakukan Uji Antenatal Care (ANC)

Mahasiswa program studi D3 Kebidanan Politeknik Banjarnegara, Rabu dan Kamis (14-15 Februari 2018) melakukan kegiatan Ujian Antenatal Care (ANC). Ujian ANC atau pemeriksaan ibu hamil tersebut dilaksanakan mahasiswi semester empat sebagai salah satu ujian keterampilan wajib.

Seorang dosen penguji, Ratih Subekti, S.SiT., M.Kes mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Praktik Fisiologis yang dilaksanakan pada semester tiga. Sebelumnya, mahasiswi yang melaksanakan ujian ANC tersebut telah melaksanakan kegiatan praktikum di Puskesmas selama sekitar tiga minggu.

“Pada ujian ini, satu mahasiswa langsung melakukan kegiatan praktik dengan satu pasien yaitu ibu hamil yang usia kehamilannya masuk trimester III. Ujian ini bertujuan untuk membekali mahasiswi sebelum terjun mempraktikkan pemeriksaan ANC di lahan praktik seperti puskesmas, rumah sakit dan bidan praktik mandiri,” katanya.

Dijelaskan Ratih, ujian ANC tersebut meliputi anamnesa ibu hamil atau kegiatan wawancara antara mahasiswi dengan pasien untuk memperoleh data dan informasi seputar kehamilan pasien, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium dan pendidikan kesehatan.

Direktur Politeknik Banjarnegara, Dr. Tuswadi saat membuka kegiatan tersebut mengatakan untuk menjadi bidan yang profesional dan berkompeten, mahasiswi harus melewati berbagai macam test untuk mengasah kemampuannya.

Dari ujian ANC inilah nantinya mahasiswi diharapkan bisa menguasai skill dalam pemeriksaan ibu hamil yang nantinya akan menjadi syarat kompetensi untuk menjadi seorang bidan. “Dengan menguasai semua kompetensi, mahasiswi yang akan menjadi bidan harus  bisa berkontribusi banyak bagi dunia kesehatan,” kata Dr. Tuswadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *