Prodi Kebidanan Jalani Reakreditasi

Program Studi (Prodi) Diploma III Kebidanan Politeknik Banjarnegara selama tiga hari terhitung Senin (28/9) hingga Rabu (30/9) menjalani serangkaian proses reakreditasi yang penilaiannya dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

Ketua Prodi Kebidanan, Lia Aria Ratmawati, S.ST., M.Kes mengatakan LAM-PTKes merupakan lembaga yang bertugas melakukan akreditasi terhadap program studi kesehatan di perguruan tinggi di Indonesia. “Proses reakreditasi tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen untuk selalu meningkatkan mutu kualitas pendidikan di Politeknik Banjarnegara,” kata Lia. Hadir sebagai assesor yang melakukan assesmen lapangan ke Politeknik Banjarnegara yaitu Dra. Sugiati, S.ST., M.Kes dan Benny Karuniawati, S.ST., M.Kes.

Tujuan akreditasi oleh LAM-PTKes bukan hanya untuk memberikan status dan peringkat akreditasi prodi saja, tetapi utamanya adalah untuk menumbuhkan kesadaran, motivasi, dan langkah-langkah konkret yang akhirnya bermuara pada budaya peningkatan mutu berkelanjutan.

Serangkaian kegiatan penilaian oleh assesor LAM-PTKes diantaranya meliputi presentasi Prodi yang dilanjutkan sesi tanya jawab untuk mengeksplorasi materi presentasi dan tanya jawab dengan berbagai elemen sumber daya program studi yaitu mahasiswa, dosen dan alumni serta tenaga kependidikan, verifikasi dokumen, serta visitasi observasi fasilitas laboratorium, ruang perkuliahan, perpustakaan dan sistem informasi manajemen serta kerjasama antar lembaga.

Selain itu juga dilakukan penilaian pada lahan praktikum mahasiswa Prodi Kebidanan diantaranya RSUD Hj. Anna Lasmanah Kolopaking, Puskesmas dan BPM (Bidan Praktik Mandiri). “Tahapan penilaian akreditasi diakhiri dengan penandatanganan berita acara visitasi lapangan oleh tim akreditasi LAM-PTKes dan Direktur Politeknik Banjarnegara,” katanya.

Direktur Politeknik Banjarnegara, Prof. Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum mengatakan Prodi Kebidanan merupakan salah satu Prodi yang ada di Politeknik Banjarnegara selain Prodi Kesehatan Lingkungan dan Agroteknologi. Dirinya berharap setelah proses reakreditasi dari LAM-PTKes, mutu serta kualitas pendidikan khususnya pada Prodi Kebidanan dapat meningkat menjadi semakin baik lagi. “Kami sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak utamanya kepada kedua assesor yang selama proses assesmen lapangan juga telah memberikan berbagai masukan penting untuk pengembangan Prodi Kebidanan di masa yang akan datang,” ungkapnya.

77

33

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *