Presentasi Program Magang Mahasiswa Agroteknologi

DSC_0522 copyHari ini, Sabtu, 20 September 2014, 17 mahasiswa Politeknik Banjarnegara melakukan presentasi dan demo hasil program magang dibeberapa perusahaan dan UMKM. Mereka adalah mahasiswa Agroteknologi tingkat IV yang selama sebulan (06 Agustus s.d 06 September 2014) magang dibeberapa industri pertanian, baik budidaya maupun pengolahan hasil pertanian.  Program magang adalah salah satu kurikulum unggulan, program ini sebagai syarat mahasiswa mengikuti Praktek Kerja Lapang (PKL) disemester V nanti. “Disemester lima kan mereka PKL, terjun langsung ke industri, nah program magang ini sebagai bentuk pra kegiatannya, semacam pengenalan begitu”, jelas Dwi Ari Cahyani, STP., M.Sc., kepala Program Studi Agroteknologi.

Mahasiswa peserta magang ditempatkan dibeberapa industri pertanian; Yuasa Food (Wonosobo), Koperasi Industri Pertanian BUANA RAYA SEJAHTERA (Batur, Banjarnegara), UMKM Suka Niki (Purwonegoro), Asosiasi Kentang Batur (Batur), Desa Organik Banjarnegara, dan Cilengko Farm (Baturraden). Selama sebulan mereka mengikuti seluruh kegiatan perusahaan dari pra produksi hingga paska produksi. Disana mereka didampingi oleh pembimbing lapang perusahaan masing-masing, yang juga melakukan penilaian kinerja mahasiswa magang. Banyak aspek yang dinilai oleh perusahaan penerima magang, diantaranya kedisiplinan, penguasaan materi dan alat, kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan karyawan lain, ketepatan target dan lain sebagainya.

Presentasi dan demo yang dilakukan mahasiswa adalah bentuk laporan magang yang telah selesai dilaksanakan. Selain laporan administratif, mahasiswa juga melakukan demo produksi sesuai apa yang mereka dapat di perusahaan masing-masing. “ini untuk mengukur seberapa baik mereka menyesuakan diri, merekam kegiatan dan menyerap ilmu dari lingkungan industri yang baru kali ini mereka dapatkan”, tutup Bu Dwi.

DSC_0512 copyDSC_0515 copy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *