Politeknik Jalin Kerjasama dengan SMKN 1 Mandiraja

2Untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Politeknik Banjarnegara menjalin kerjasama dengan SMK Negeri 1 Mandiraja.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tersebut dilaksanakan dalam apel bersama ‘Gerakan Guru dan Siswa Menanam’ sebagai puncak kegiatan peringatan Hari Guru Nasional tahun 2014 dan Hari Ulang Tahun ke-69 PGRI Tingkat Kabupaten Banjarnegara di halaman SMK Negeri 1 Mandiraja, Selasa (16/12) kemarin.

Turut hadir dan menyaksikan penandatanganan tersebut Bupati Banjarnegara H. Sutedjo Slamet Utomo, S.H, M.Hum, dinas terkait beserta jajarannya serta anggota PGRI se-Kabupaten Banjarnegara dan perwakilan pelajar se-Kecamatan Mandiraja.

Kepala SMK Negeri 1 Mandiraja, Imam Tejo Marwoto, S.Pd, MM mengatakan antara pihaknya dengan Politeknik Banjarnegara sepakat mengadakan kerjasama secara terpadu, koordinatif dan sinergis dalam hal pengembangan IPTEK, sumber daya manusia dan kelembagaan yang dilaksanakan dengan azas saling membantu dan menguntungkan. “Kami sepakat melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak dalam rangka pengembangan IPTEK, sumber daya manusia dan kelembagaan,” ujar Imam Tejo.

Direktur Politeknik Banjarnegara Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum berharap dengan adanya jalinan kerjasama tersebut akan semakin memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Banjarnegara pada khususnya karena Politeknik Banjarnegara sebagai satu-satunya perguruan tinggi vokasi di Banjarnegara bertanggung jawab dan berkewajiban untuk terus mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat. “Kami harap kerjasama ini saling menguntungkan dan bermanfaat untuk kemajuan dunia pendidikan khususnya di Banjarnegara,” tegasnya.

Menuju Perguruan Tinggi Negeri
Lebih jauh dikatakan Teguh, saat ini Politeknik Banjarnegara sedang menjalani proses menuju Perguruan Tinggi Negeri. Beberapa tahapan sudah dilaksanakan diantaranya paparan dengan Pemkab, paparan dengan anggota DPRD dan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri perwakilan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI), Pemkab, DPRD, perwakilan Kepala Sekolah Menengah Atas dan SKPD terkait. Menurutnya, semua pihak yang hadir memberikan tanggapan positif dan mendukung proses penegerian Politeknik Banjarnegara. “Saat ini, secara bertahap kami sedang terus mempersiapkan diri menuju Perguruan Tinggi Negeri, kita targetkan tahun depan Politeknik Banjarnegara bisa menjadi perguruan tinggi negeri” tegasnya.

Lukmanul Hakim, STP, M.Sc, Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Politeknik Banjarnegara juga mengatakan hal yang sama. Menurut Lukman, salah satu tujuan dikembangkannya Politeknik Banjarnegara menjadi Perguruan Tinggi Negeri adalah untuk meningkatkan jumlah dan kualitas SDM yang dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang pertanian dan kesehatan. Hal tersebut sesuai dengan tiga program studi yang ada yaitu Kebidanan, Agroteknologi dan Kesehatan Lingkungan. “Alih status Politeknik Banjarnegara juga merupakan upaya pengembangan Pendidikan Tinggi Vokasi Negeri di wilayah Jawa Tengah,” katanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *