Politeknik Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Menyambut tahun ajaran 2015/2016 Politeknik Banjarnegara mulai membuka pendaftaran Mahasiswa Baru. Kepala Bagian Humas Politeknik Banjarnegara, Wasis Tri Puspita, S.Pd mengatakan proses penerimaan mahasiswa baru dapat dilakukan melalui dua jalur pendaftaran yaitu jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan jalur seleksi ujian tulis. “Pendaftaran mahasiswa baru sudah mulai dibuka sejak Senin (12/1)),” ujarnya.

Ketua Panitia Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru, Joko Malis Sunarno, S.Si, M.Si.Med menjelaskan untuk jalur PMDK pendaftaran sampai 28 Maret sedangkan untuk jalur ujian tulis pendaftaran sampai 6 September mendatang. “Untuk pendaftar jalur PMDK nilai rata-rata raport semester I sampai V minimal 7,00 dan untuk pendaftar melalui jalur ujian tulis kita layani dengan sistem quick service,” kata Joko.

Lebih lanjut Joko menjelaskan sistem quick service diberlakukan untuk memudahkan para pendaftar dimana setelah proses pendaftaran selesai, pendaftar bisa melakukan tes tertulis dan tes kesehatan pada hari berikutnya.

Ujian tulis terdiri dari 100 soal dengan materi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kewarganegaraan dengan waktu pengerjaan 120 menit. Formulir bisa diambil langsung di kampus Politeknik Banjarnegara Jl. Raya Kenteng-Madukara KM. 2 atau bisa menghubungi guru BK pada masing-masing sekolah. “Untuk pendaftaran online silahkan menuju reg.polibara.ac.id atau melalui www.polibara.ac.id,” ungkapnya.

Pengambilan dan pengembalian formulir di kampus Politeknik Banjarnegara dilayani setiap Senin-Jum’at, mulai pukul 08.00–15.30 dan untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru bisa ditanyakan melalui telepon (0286) 592710 atau dengan mengirim email ke alamat humas@polibara.ac.id.

Wasis Tri Puspita. S.Pd menyebutkan, Politeknik Banjarnegara merupakan perguruan tinggi vokasi yang lebih menekankan pada kegiatan praktikum dengan prosentase sebesar 60 persen dan kegiatan teori sebesar 40 persen. “Ini menjadikan lulusan Politeknik Banjarnegara memiliki nilai lebih pada sisi ketrampilan, yang ditunjang dengan kemampuan teori yang memadai,” ujarnya. Politeknik juga memiliki lingkup kerjasama yang luas dengan instansi pemerintah dan swasta, juga perusahaan-perusahaan di tingkat nasional untuk menunjang praktek atau magang mahasiswa.

Selain itu kepada mahasiswa yang memiliki prestasi baik akademik dan non akademik juga disediakan berbagai jenis beasiswa, diantaranya beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA), beasiswa Bank Jateng, Beasiswa Polibara dan lain-lain.

“Saat ini Politeknik Banjarnegara sedang dalam proses menuju perguruan tinggi negeri. Naskah akademik sudah diserahkan ke DIKTI akhir Desember 2014,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *