Politeknik Banjarnegara Raih Juara Harapan I

Mahasiswi Politeknik Banjarnegara kembali menorehkan prestasinya di tingkat nasional.  Kali ini tiga orang mahasiswi Program Studi Kebidanan berhasil meraih juara harapan I dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Ilmu Kebidanan Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Kampus Terpadu Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Sabtu (10/2) lalu,

Dalam lomba tersebut, tim yang beranggotakan Ayu Titis Anggianti, Hasna’ Andhieyasmara dan Umu Atika mampu menyisihkan tim lainnya yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri Maupun Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia.

“Dalam babak penyisihan, kami harus menyelesaikan sedikitnya 35 soal pilihan ganda dengan durasi waktu 60 menit. Selanjutnya untuk babak semi final setiap tim mendapatkan 28 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 42 menit,” kata Ayu Titis.

Menurut dia, materi soal terdiri atas tujuh kompetensi bidan yakni etik legal dan keselamatan pasien, komunikasi efektif, pengembangan diri dan profesionalisme, landasan ilmiah praktek kebidanan, kompetensi klinis, kebidanan esensial, promosi kesehatan dan konseling, serta manajemen dan kepemimpinan.

Dosen pendamping kegiatan tersebut, Rusfita Retna, M.Keb. mengatakan salah satu tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk mengukur tingkat kemampuan yang dimiliki mahasiswi di bidang ilmu pengetahuan dan bidang kompetensi kebidanan sesuai Standar Kompetensi Bidan. Melihat LCC kemarin, dirinya mengatakan persaingan antar tim peserta sangat ketat sehingga banyak tim yang tidak berkesempatan untuk melanjutkan ke babak berikutnya.

Walaupun tim Politeknik Banjarnegara belum menjadi pemenang, namun prestasi yang berhasil ditorehkan ketiga mahasiswinya dengan menyabet Juara Harapan I sangat luar biasa dengan melihat waktu persiapan yang relatif singkat. Kesempatan tersebut menjadi suatu langkah awal bagi para mahasiswi dalam mengukur kemampuan diri dari segi hard skill maupun soft skill mereka. “Melalui kegiatan ini, banyak ilmu yang bisa diambil, seperti kemampuan inisiatif, kreatif, mandiri, tanggung jawab dan kerjasama,” kata Rusfita.

Berhasil keluar sebagai juara I dan II yakni tim LCC Kebidanan dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan Juara III diraih tim LCC Kebidanan STIKES Al Madani Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *