Politeknik Banjarnegara Menuju Perguruan Tinggi Negeri

Politeknik Banjarnegara saat ini tengah dalam proses menuju perguruan tinggi negeri. Paparan mengenai hal tersebut disampaikan Direktur Politeknik Banjarnegara Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum beserta jajarannya kepada Bupati H. Sutedjo Slamet Utomo, SH. M.Hum di rumah dinas bupati, Senin (8/11) kemarin.

“Ada banyak keuntungan bagi Pemkab, Politeknik dan masyarakat jika sudah menjadi perguruan tinggi negeri. Karena itu kami menetapkan target 2015 bisa memperoleh SK penegerian,” ungkap Direktur Politeknik Banjarnegara. Keuntungan bagi Pemkab, antara lain untuk peningkatan sumber daya manusia dan meningkatkan daya saing daerah. Selain itu, dengan adanya perguruan tinggi negeri juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemkab dan masyarakat.

“Pemerataan pendidikan bisa tercapai karena ada program beasiswa bidik misi, jarak tempuh yang dekat serta fasilitas yang makin lengkap. Selain itu, dampak ekonomi juga makin besar bagi daerah dan masyarakat sekitar,” paparnya. Adapun dampak positif lain, kepercayaan masyarakat dan dunia kerja makin tinggi terhadap Politeknik Banjarnegara. Keberlangsungan perguruan tinggi itu juga dijamin oleh pemerintah.

“Dari sisi pembinaan dan pembiayaan akan lebih maksimal dilakukan Pemerintah Pusat. Pengembangan program studi menjadi makin banyak juga sangat terbuka sekali untuk dilakukan,” paparnya.

Dia menyebutkan, sebenarnya Politeknik Banjarnegara merupakan perguruan tinggi yang dibentuk pemerintah. Sebab, pendiriannya atas dasar nota kesepakatan antara Dirjen Dikti dan Pemkab Banjarnegara. Bila terwujud menjadi perguruan tinggi negeri, maka pengembangannya akan lebih mudah.

xx

Bupati H. Sutedjo Slamet Utomo, SH, M.Hum menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas upaya Politeknik Banjarnegara untuk menjadi perguruan tinggi negeri. Selama ini, Pemkab sudah banyak berperan untuk membesarkannya dan kini menambah mudah akses transportasi dengan pembangunan jalan dan jembatan Parakancanggah-Kenteng.

“Akses dari berbagai kabupaten tetangga juga semakin mudah, sehingga saya harap ini bisa membantu. Pemkab sangat mendukung upaya penegerian dan akan mempermudah serta membantu hingga hal itu tercapai. Saya harap ini bisa terealisasi di tahun depan,” ungkapnya.

Bila sudah menjadi perguruan tinggi negeri, lanjutnya, maka minat calon mahasiswa dan masyarakat pasti akan meningkat. Demikian pula kepercayaan dunia kerja pasti akan lebih tinggi. “Saya sebenarnya berharap setelah menjadi perguruan tinggi negeri, bisa terus berkembang dan meningkat menjadi universitas,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *