Politeknik Banjarnegara Luncurkan SIAKO

Sejalan dengan upaya pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan Politeknik Banjarnegara, beberapa waktu lalu bertempat di auditorium diluncurkan Sistem Informasi Manajemen Akademik Online (SIAKO).

SIAKO merupakan sebuah layanan bagi civitas akademika, terutama mahasiswa dan dosen untuk mengakases berbagai data akademik yang dapat dilakukan dari mana dan kapan saja (real time) berbasis internet. Pengaksesan data bisa berupa mengentry atau memutakhirkan biodata dan mengisi atau memperbaiki KRS serta melihat berbagai data akademik seperti Kartu Hasil Studi (KHS), transkrip nilai, ketentuan dan kalender akademik, serta berbagai informasi atau pemberitahuan akademik yang semuanya terjadwal. Juga didalamnya, setiap dosen dapat mengunggah modul perkuliahan yang dibutuhkan mahasiswanya.

Pembantu Direktur Bidang Akademik Ir Sapto Wibowo MP mengatakan
sistem tersebut mampu mengintegrasikan proses-proses administrasi akademik kedalam sebuah sistem informasi yang secara otomatis menyimpan dan mengolah ribuan data akademik dari tahun ke tahun secara sistematis. Aplikasi tersebut dirancang dengan memperhatikan kemudahan pemakaian bagi pengguna (user friendly), dimana menu dan fasilitas yang tedapat dalam program ini telah diklasifikasikan berdasarkan kategori data-data administrasi serta pembagian user atau pengguna, sehingga akan mempermudah dan mempercepat proses manajemen administrasi akademik di Politeknik Banjarnegara.

“Fungsi-fungsi yang ada dalam SIAKO sangat membantu kerja bagian administrasi dalam pengolahan data dan nilai mahasiswa dalam satu database yang terkomputerisasi, juga mempermudah kerja dosen dalam melakukan penilaian dan memonitor perkembangan anak didik mereka”, ujar Sapto.

Sementara itu Kasubbag Registrasi dan Sistem Informasi Data, Dilliana Tugas SKom menjelaskan data-data akademik dan perkuliahan diproses dan disimpan dalam satu database yang secara otomatis dan reguler dimonitor dan dibackup atau disalin sehingga data tetap aman dan terjaga. “Proses backup dan restoring dilakukan secara reguler dan terjadwal sehingga data yang diproses dan disimpan SIAKO selalu sinkron dan valid dengan data-data akademik yang ada,” katanya.
Menurut Dilliana, SIAKO bisa diakses melalui ragam gadget yang dimiliki pengguna, sehingga dosen maupun mahasiswa bebas mengaksesnya dari PC, laptop, maupun smartphone mereka. Aplikasi tersebut rencananya akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan Politeknik Banjarnegara dalam hal pengelolaan data akademik.

Dalam waktu dekat Politeknik Banjarnegara juga segera meluncurkan aplikasi online-nya yang lain diantaranya Sistem Informasi Keuangan, Sistem Informasi Kepegawaian, dan Sistem Informasi Perencanaan. “Semua ini sebagai bentuk komitmen Politeknik Banjarnegara dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan berbasis komputer dan teknologi,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *