Politeknik Banjarnegara Kembangkan IPTEK

Politeknik Banjarnegara terus bertekad dan berupaya untuk mengembangkan serta menyebarkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat.

Lukmanul Hakim, STP, M.Sc, Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Politeknik Banjarnegara mengatakan keberadaan Politeknik Banjarnegara sebagai salah satu perguruan tinggi di Banjarnegara harus benar-benar bisa memberikan manfaat untuk kemajuan dan perkembangan IPTEK.

Pihaknya membuka kesempatan kepada siapa saja untuk bersama-sama belajar dan menggali berbagai bidang keilmuan. “Dengan berbagai sarana dan fasilitas yang ada, keberadaan Politeknik Banjarnegara harus benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Dirinya mencontohkan, beberapa waktu lalu pihaknya bekerjasama dengan Penelitian Ilmiah Remaja SMA Negeri 1 Karangkobar menggelar pelatihan pembuatan hidroponik yang berlangsung di aula sekolah. Dalam waktu yang berdekatan juga diselenggarakan pelatihan yang sama di SMP IT Permata Hati Petambakan.

Program kuliah sehari di Politeknik bagi pelajar juga terus dilaksanakan. “Selain dengan pemerintah dan pihak swasta, kami juga menjalin kerjasama dengan berbagai sekolah,” ungkapnya.

22

Berbagai kegiatan di bidang pendidikan dan kesehatan juga kerapkali diselenggarakan di kampus Politeknik Banjarnegara, diantaranya pelatihan kultur jaringan, test tumbuh kembang anak dan kegiatan lain seperti Olimpiade Sains Nasional SMA/MA Tingkat Kabupaten Banjarnegara.

Menurut Lukman, kegiatan serupa untuk tingkat SMK, rencananya juga akan diselenggarakan di kampus Politeknik Banjarnegara, akhir pekan ini. “Dengan kondisi ruangan yang sangat representatif beserta fasilitas dan sarana yang ada, Politeknik Banjarnegara sering digunakan untuk berbagai kegiatan di bidang pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Wasis Tri Puspita, S.Pd, Kepala Bagian Humas Politeknik Banjarnegara mengatakan beberapa program yang sedang dilaksanakan untuk awal tahun ini diantaranya adalah penyelenggaraan kegiatan mini workshop di sekolah-sekolah. “Selain kita sampaikan materi tentang tiga program studi yang ada yaitu Kebidanan, Agroteknologi dan Kesehatan Lingkungan, kita juga selenggarakan beberapa pelatihan singkat,” kata Wasis.

Menurut dia, selain dosen dalam kegiatan tersebut juga melibatkan mahasiswa yang memberikan gambaran umum tentang kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. “Dengan materi yang disampaikan mahasiswa, para pelajar yang juga sebagai calon mahasiswa diharapkan lebih memahami dan siap apabila nanti melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *