Politeknik Banjarnegara melaksanakan tes TOEFL bagi mahasiswa tingkat akhir sebagai bagian dari proses pembelajaran dan bekal mahasiswa sebelum menjadi alumni Politeknik Banjarnegara. Program inj merupakan program wajib bagi mahasiswa yang akan melaksanakan yudisium.

Tes TOEFL diadakan di Laboratorium Bahasa Politeknik Banjarnegara, diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi D3 Kebidanan, Kesehatan lingkungan dan agroindustri. Tes TOEFL ini dilakukan dengan kerjasama pihak profesional yaitu International College.

Program ini menjadi program unggulan bagi alumni Politeknik Banjarnegara sehingga siap bersaing di dunia kerja. Saat ini kebutuhan dan kemampuan berbahasa inggris tidak hanya sebagai alat pengembangan diri, namun juga dapat menjadi nilai tambah dalam mencari pekerjaan. Perkembangan zaman dan semakin banyaknya perusahaan asing di Indonesia, mau tak mau memaksa para calon pencari kerja untuk mampu berbahasa Inggris dengan fasih.

Penanggung jawab kegiatan yaitu Wasis Puspita menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting. Semoga Kegiatan ini dapat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi mahasiswa khususnya untuk dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.