Politeknik Akan Gelar Lomba Pidato Basa Mbanyumasan

Politeknik Banjarnegara bekerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan ‘Lomba Pidato Basa Mbanyumasan’ pada 4 Oktober mendatang. Ketua Panitia Lomba, Eko Apriliyanto, S.P, M.Sc mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Dies Natalis ke-6 Politeknik Banjarnegara. Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah untuk melestarikan penggunaan Bahasa Jawa yang semakin hari semakin terkikis.

“Politeknik Banjarnegara sebagai bagian dari institusi pendidikan tinggi di Kabupaten Banjarnegara perlu untuk turut melestarikan Bahasa Jawa sebagai khasanah kebudayaan daerah dalam wujud kreasi berbahasa,” kata Eko. Menurutnya dalam lomba tersebut peserta diwajibkan untuk berpidato dengan dialek basa krama alus Banyumasan dengan mengusung tema meningkatkan potensi lokal Banjarnegara. “Peserta bisa dari umum atau perwakilan masing-masing kecamatan, perangkat desa dan perwakilan SKPD se-Banjarnegara,” ungkapnya. Adapun yang termasuk dalam kriteria penilaian diantaranya pelafalan, kefasihan, pesan, mimik, ekspresi, runtutan cerita dan penampilan. “Semua peserta juga diwajibkan memakai pakaian batik sebagai salah satu warisan budaya kita,” tutupnya.

Sekretaris panitia, Wasis Tri Puspita, S.Pd mengatakan panitia memberikan waktu kepada masing-masing peserta selama 10 menit dan tidak memperkenankan membawa teks saat berpidato. “Untuk kejuaraan akan kita ambil juara I, II, III dan berhak mendapatkan piala serta uang pembinaan. Kita juga akan memberikan sertifikat kepada semua peserta lomba,” ujarnya.

Ditambahkan Wasis, untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran peserta lomba bisa dilakukan di sekretariat panitia yaitu bagian Humas Politeknik Banjarnegara, Jl Raya Kenteng – Madukara KM. 2 Kenteng, Banjarnegara. “Untuk pendaftaran tidak dipungut biaya atau gratis dan akan kami tutup sampai 30 September mendatang,” kata Wasis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *