Polibara Tanda Tangani Kontrak Penelitian dengan Kopertis 6

Bertempat di Gedung A kantor Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah 6 Jawa Tengah, Jum’at (21/4) dilakukan penandatanganan Surat Perjanjian Kontrak Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat antara Politeknik Banjarnegara (Polibara) dengan Koordinator Kopertis Wilayah 6 Jawa Tengah.

Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) Polibara, Barni, S.Pd, MA mengatakan tahun ini  Polibara berhasil memenangkan tiga hibah penelitian dan satu hibah pengabdian kepada masyarakat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Tiga dosen yang berhasil memenangkan hibah untuk skema Penelitian Dosen Pemula yakni Eko Apriliyanto, SP, M.Sc dari Program Studi (Prodi) Agroteknologi dengan judul Potensi Ekstrak Daun Sirsak dan Gulma Siam untuk Pengendalian Hama Kepik Coklat (Riptortus linearis) pada Tanaman Kedelai, Fanny Tri Raditya, SP, M.Sc dari Prodi Agroteknologi dengan judul Analisis Spasial Kawasan Rawan Longsor di Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara dan Dewie Sulistyorini, S.SiT, M.Kes dari Prodi Kebidanan dengan judul penelitian Evaluasi Program Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Poned Wilayah Kerja Kabupaten Banjarnegara Tahun 2016.

Sementara itu, hibah untuk Program Pengabdian kepada Masyarakat berhasil diraih Barni, S.Pd, MA dari Prodi Kesehatan lingkungan dengan judul IbM Kerajinan Batik dengan Pewarna Alami di Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.

Menurut Barni, prestasi tersebut semakin menunjukkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan kampus Polibara semakin meningkat. “Penelitian dan pengabdian masyarakat menjadi salah satu indikator yang menunjukan kualitas dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Barni.

Dijelaskan lebih lanjut, selama kurun waktu delapan tahun sedikitnya 66 kegiatan penelitian dan 76 kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah berhasil dilaksanakan, dengan  rincian Prodi Kebidanan sebanyak 15 penelitian dan 11 pengabdian masyarakat, Prodi Kesehatan Lingkungan 21 penelitian dan 24 pengabdian masyarakat, Prodi Agroteknologi sebanyak 29 penelitian dan 41 pengabdian serta satu penelitian gabungan.

“Selamat atas prestasi ini, selamat melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Semoga prestasi ini bisa dipertahankan dan terus menjadi motivasi para dosen dan mahasiswa untuk terus meningkatkan prestasi ditahun yang akan datang,” harapnya.

Seorang dosen yang berhasil memenangkan hibah penelitian Fanny Tri Raditya, STP, MP mengatakan keberhasilan tersebut berkat dukungan institusi Polibara yang terus memotivasi para dosen untuk aktif serta kreatif melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat. “Mudah-mudahan kegiatan penelitian yang saya lakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” kata Fanny.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *