Polibara Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Politeknik Banjarnegara membuka kesempatan kepada siswa/siswi SMA/SMK/MA yang akan lulus pada tahun ini untuk menjadi mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018. Sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya, mereka bisa memilih program studi yang ada yakni Program Studi D3 Kebidanan, Kesehatan Lingkungan dan Agroteknologi.

Ketua Panitia Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Banjarnegara, Fanny Tri Raditya, STP, MP mengatakan untuk PMB tahun ini pihaknya membuka empat jalur proses seleksi PMB yaitu jalur reguler, jalur prestasi akademik, jalur prestasi non akademik dan jalur istimewa. “Pendaftaran mahasiswa baru akan dibuka mulai 1 Februari dan akan berakhir 16 September mendatang.” katanya.

Dijelaskannya, jalur reguler merupakan proses PMB yang bersifat umum dan terbuka bagi seluruh calon mahasiswa baru melalui tahapan tes tulis dan tes kesehatan. Tes kesehatan diperuntukkan bagi pendaftar Program Studi Kebidanan dan Kesehatan Lingkungan.

Menurut Fanny, berbeda dengan calon mahasiswa yang masuk melalui jalur reguler, untuk pendaftar yang masuk melalui jalur yang bersifat khusus yaitu jalur prestasi akademik, prestasi non akademik dan jalur istimewa akan mendapat berbagai fasilitas dan kemudahan serta keringanan biaya. Seperti kemudahan pendaftaran tanpa tes tulis dan pemberian potongan Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) serta pembebasan biaya SPP untuk jangka waktu tertentu. “Untuk jalur yang sifatnya khusus, pendaftar harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan seperti masuk dalam ranking sepuluh besar paralel di sekolahnya serta memiliki prestasi yang dibuktikan dengan piagam atau surat keterangan dari sekolah,” kata Fanny.

Mekanisme umum PMB tahun ini menggunakan sistem online. Calon mahasiswa terlebih dahulu mendaftar dan mengisi formulir secara online di alamat daftar.polibara.ac.id. Selanjutnya melakukan ujian tertulis menggunakan sistem Computer Base Test (CBT) di Kampus Politeknik Banjarnegara. Untuk informasi lebih lanjut, bisa datang langsung ke Kampus Politeknik Banjarnegara, Jl. Raya Kenteng-Madukara KM.2, Kenteng, Banjarnegara.

Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaaan, Alumni dan Kerjasama, Lukmanul Hakim, STP, M.Sc menambahkan Politeknik Banjarnegara merupakan satu-satunya kampus vokasi di Kabupaten Banjarnegara.

Menurutnya, pendidikan vokasi bertujuan menciptakan lulusan atau tenaga kerja yang profesional di bidang tertentu. Sebab, kurikulum yang diberikan berbasis kompetensi ditambah dengan pemberian sertifikasi sehingga lulusan pendidikan vokasi dapat bersaing dalam dunia kerja. “Bagi lulusan vokasi, MEA merupakan tantangan, bukan hambatan,” tegasnya.

Seluruh program studi yang ada di Politeknik Banjarnegara sudah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). “Untuk tahun ini, Politeknik Banjarnegara juga memberikan beberapa skema beasiswa baru kepada mahasiswa yang berhak diantaranya program Beasiswa Direktur dan Beasiswa Khusus Yatim Piatu,” tambah Lukman.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *