Perpustakaan Politeknik Juga Layani Masyarakat Umum

Selain mahasiswa, dosen dan karyawan, perpustakaan Politeknik juga melayani anggota dari masyarakat umum (1)Selain memberikan layanan kepada mahasiswa, dosen dan karyawan, perpustakaan Politeknik Banjarnegara juga memberikan layanan kepada masyarakat umum.

Perpustakaan yang terletak di lantai 1 Gedung Rektorat tersebut merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang bernaung dibawah Politeknik Banjarnegara. Sebagai UPT, perpustakaan Politeknik Banjarnegara mengemban misi untuk menyediakan berbagai informasi ilmiah yang berorientasi pada kebutuhan pemakai guna mendukung proses Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kepala UPT Perpustakaan Wahyu Danu Puji utomo, SE mengatakan sampai saat ini perpustakaan Politeknik memiliki koleksi kurang lebih 2500 judul dengan jumlah buku lebih dari 9000 eksemplar. Koleksi utama adalah buku-buku yang terkait dengan bidang kebidanan, kesehatan lingkungan dan agroteknologi serta koleksi yang bersifat referensi. “Selain buku-buku yang bersifat penunjang perkuliahan, perpustakaan Politeknik juga menyediakan berbagai koleksi pengetahuan umum, karya tulis ilmiah, surat kabar dan majalah serta berbagai jurnal ilmiah,” ungkapnya.

Beberapa jurnal ilmiah yang tersedia diantaranya jurnal entomologi Indonesia, jurnal Agritech/Agrivita, jurnal manusia dan lingkungan, jurnal teknologi dan industri pangan, jurnal gizi klinik Indonesia, jurnal dinamika sosial ekonomi, jurnal manajemen pelayanan kesehatan dan sebagainya.

Menurut Danu selain tempat yang cukup representatif, perpustakaan Politeknik juga dilengkapi dengan fasilitas komputerisasi katalog dan penyediaan layanan internet melalui hotspot atau Wi-Fi (Wireless Fidelity) yang dapat dimanfaatkan pengunjung secara gratis. “Selain ruang sirkulasi atau peminjaman, kita sediakan ruang baca kepada pengunjung dengan desain yang senyaman mungkin,” katanya.

Untuk menjadi anggota perpustakaan Politeknik ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu mengisi formulir pendaftaran, menunjukkan kartu tanda pengenal, menyerahkan pas foto berwarna 2×3 sebanyak dua lembar dan membayar biaya administrasi Rp. 10.000,-. “Keanggotaan berlaku selama satu tahun, dan setelah habis dapat diperpanjang kembali melalui herregistrasi,” pungkas Danu.

Sunardi, A.Md, Sekretaris UPT Perpustakaan mengatakan semua anggota yang akan meminjam dan atau mengembalikan koleksi buku perpustakaan wajib menunjukkan kartu keanggotaan.”Untuk mahasiswa diperbolehkan meminjam koleksi sebanyak tiga buku, untuk dosen atau karyawan sebanyak lima buku, dan untuk umum sebanyak dua buku dengan masa peminjaman selama satu minggu,” katanya. Sunardi menambahkan, untuk waktu pelayanan dan kunjungan ke perpustakaan Politeknik Banjarnegara dilayani setiap hari kerja mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB. Untuk hari Jum’at pelayanan dibuka sampai pukul 11.00 dan hari Sabtu sampai 14.00.

Seorang anggota perpustakaan, Yusnia Efendi mengatakan koleksi-koleksi yang ada di perpustakaan Politeknik Banjarnegara sangat membantu dirinya untuk mendapatkan referensi maupun buku-buku penunjang perkuliahan. “Koleksi bukunya cukup lengkap, namun kedepan masih harus diperbanyak lagi,” ucap Yusnia yang saat ini menjadi mahasiswa Agroteknologi angkatan 2012.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *