Pendaftaran Jalur PMDK Ditutup Akhir Maret

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Banjarnegara untuk tahun ajaran 2015/2016 melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) akan ditutup akhir Maret mendatang.

Ketua Panitia Promosi dan PMB, Joko Malis Sunarno, S.Si, M.Si.Med menjelaskan untuk jalur PMDK pendaftaran ditutup 27 Maret mendatang. Jalur PMDK terbuka bagi siswa-siswi SMA/MA/SMK sederajat untuk semua jurusan dengan syarat nilai rata-rata raport semester I sampai V minimal 7.00.

Dijelaskan lebih lanjut, Politeknik Banjarnegara memiliki tiga Program Studi (Prodi) Diploma III yaitu Kebidanan, Kesehatan Lingkungan dan Agroteknologi. Untuk Prodi Kebidanan fokus studinya pada kebidanan komunitas dan untuk Prodi Kesehatan Lingkungan berfokus pada pengendalian vektor penyakit. Sementara itu untuk Prodi Agroteknologi fokus studinya pada budidaya, perbenihan dan pengolahan hasil pertanian.

Selain jalur PMDK, juga sudah dibuka pendaftaran melalui jalur ujian tulis. Pendaftaran melalui jalur ujian tulis dilayani sampai dengan 4 September mendatang. Untuk jalur ujian tulis diberlakukan sistem quick service untuk memudahkan para pendaftar dimana setelah proses pendaftaran selesai, pendaftar bisa melakukan tes tertulis dan tes kesehatan pada hari berikutnya. “Khusus untuk calon mahasiswa yang akan mendaftar pada Prodi Kebidanan, ukuran tinggi badan minimal adalah 150 cm,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Promosi, Dian Nirmalasari, S.SiT, mengatakan sampai Senin (9/3), berdasarkan data yang ada, jumlah pendaftar calon mahasiswa baru Politeknik Banjarnegara untuk tahun ajaran 2015/2016 tercatat sebanyak 33 orang baik dari jalur PMDK maupun jalur ujian tulis. “Untuk tingkat kepeminatan terhadap program studi, hampir semuanya merata,” ungkap Dian.

Dirinya menghimbau kepada siswa untuk melihat website masing-masing perguruan tinggi yang akan dituju beserta segala persyaratannya, sehingga tidak terjadi kebingungan dalam mengambil keputusan dan segera untuk mendaftar. Upaya tersebut diharapkan mampu mengantisipasi masalah teknis yang biasanya terjadi pada akhir masa pendaftaran. “Untuk mendapatkan informasi dan petunjuk serta melakukan pendaftaran calon mahasiswa Politeknik Banjarnegara secara online silahkan menuju reg.polibara.ac.id atau melalui www.polibara.ac.id,” katanya.

Direktur Politeknik Banjarnegara Prof. Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum dalam suatu kesempatan menyampaikan, dunia pendidikan tinggi Politeknik sudah mulai dipahami oleh masyarakat menjadi salah satu solusi menyiapkan SDM yang terampil dan kompeten yang dibutuhkan oleh dunia industri. “Sebagai Perguruan Tinggi vokasional, Politeknik Banjarnegara mempunyai amanah untuk menyiapkan SDM yang terampil, unggul, cerdas dan kompetitif untuk meningkatkan daya saing bangsa, sehingga dengan kompetensi yang dipunyai, lulusan Politeknik mudah menyesuaikan dengan dunia kerja yang semakin kompetitif,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *