Seminar Agroindustri oleh Arin Ustiya Apriyani

Rabu (25/5) program studi D3 agroindustri Politeknik Banjarnegara melaksanakan seminar tentang peluang agroindustri pangan lokal berbasis tepung di Auditorium Politeknik Banjarnegara.

Agroindustri berbasis sumber daya lokal menjadi peluang untuk peningkatan
diversifikasi produk olahan hasil pertanian dengan nilai tambah, lebih disukai konsumen, dan baik untuk kesehatan.

Lia Aria Ratmawati selaku Wakil Direktur Bidang Akademik dalam sambutannya menegaskan bahwa Prodi D3 agroindustri dengan salah satu kompetensinya di bidang pengolahan hasil pertanian siap berkontribusi dalam bidang pengolahan dan pemasaran hasil pertanian berbasis sumber daya lokal.

Seminar Agroindustri oleh Dwi Ari Cahyani, STP.,M,Sc

Kegiatan seminar ini merupakan salah satu kewajiban perguruan tinggi untuk menyebarluaskan IPTEK ke masyarakat. Peserta seminar, selain mahasiswa, juga dihadiri oleh KWT (Kelompok Wanita Tani), UMKM, dan pelaku usaha agroindustri lainnya. Melalui seminar ini, peserta memperoleh manfaat keilmuan secara langsung dengan narasumber yang berasal dari akademisi (Dosen Prodi Agroindustri Polibara) yaitu Dwi Ari Cahyani dan pelaku usaha agroindustri (Owner Justhebits) yaitu Arin Listya Apriyani. Kaprodi Agroindustri Eko Apriliyanto menyatakan bahwa seminar ini memadukan narasumber dari akademisi dan praktisi yang dapat membantu menjawab beberapa permasalahan agroindustri berbasis tepung di Banjarnegara.

Seminar ini diharapkan akan ada tindak lanjut strategis untuk kegiatan pembelajaran, pengabdian, dan penelitian bagi Polibara. Peserta dari KWT dan UMKM juga sudah siap sebagai mitra strategis untuk pengembangan dan penguatan tri dharma di Polibara.

Jumia Setyasih salah satu alumni Polibara yang bekerja sebagai Penyuluh Pertanian, menyebutkan seminar ini sangat bermanfaat, lebih-lebih di lapang berhubungan langsung dengan KWT. Banyak potensi komoditas pertanian di wilayah kerjanya yaitu Kecamatan Wanayasa yang dapat diolah menjadi tepung dapat menerapkan hasil seminar kali ini untuk wilayah kerjanya.

admin

Perguruan Tinggi Vokasional Jenjang Diploma III Bidang Kesehatan dan Pertanian

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *