Pelajari Agroindustri, Mahasiswa Politeknik Lakukan Field Trip

Mahasiswa Program Studi D3 Agroteknologi Politeknik Banjarnegara melakukan field trip ke PT. Sabila Farm Yogyakarta dan PT. Kepurun Pawana Indonesia Klaten, Kamis (6/12) lalu. Kegiatan tersebut secara umum dimaksudkan untuk memperdalam pengetahuan dan wawasan para mahasiswa khususnya dalam dunia pertanian.

Seorang dosen, Sarno, SP, M.Sc mengatakan Sabila Farm merupakan perkebunan yang berfokus pada pengembangan tanaman hortikultura khususnya tanaman buah dan yang menjadi unggulannya adalah buah naga merah yang saat ini sudah banyak diekspor ke luar negeri. Sementara itu, PT Kepurun Pawana Indonesia merupakan perusahaan pertanian yang menerapkan integrated farming.

Salah satu tujuan dari kegiatan tersebut yakni sebagai ajang bagi mahasiswa untuk mengetahui proses budidaya dan proses pengelolaan usaha pertanian dari hulu hingga hilir secara langsung. Beberapa materi yang disampaikan diantaranya tentang budidaya, teknologi pertanian, manajemen hingga ke pemasaran produk serta kendala dan berbagai permasalahan yang dihadapi.

Selain mendapatkan penjelasan secara teori, mahasiswa juga berkesempatan melakukan tanya jawab dan diskusi bersama narasumber serta melakukan kegiatan praktikum secara langsung.

“Sebelumnya di kelas mahasiswa telah mempelajari berbagai materi tentang usaha pertanian, disini mahasiswa dapat melihat langsung implementasinya di lapangan,” kata Sarno.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Program Studi Agroteknologi Politeknik Banjarnegara, Dwi Ari Cahyani, STP, M.Sc. Menurut dia, kegiatan field trip dijadikan sarana bagi mahasiswa untuk memperoleh wawasan baru khususnya dalam bidang usaha pertanian dimana tujuan utama agar para mahasiswa dapat melakukan suatu comparative study antara teori dan praktek suatu mata kuliah yang dipelajari.

“Kegiatan field trip bisa membuka cakrawala berpikir mahasiswa, menggali ilmu dan pengalaman melalui pengamatan langsung dari objek, dan memperkenalkan dunia usaha yang sesungguhnya kepada mahasiswa,” kata Dwi Ari.

Selain menjadi inspirasi bagi mahasiswa, kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan mahasiswa khususnya mahasiswa Agroteknologi bahwa peluang untuk berkarir di bidang pertanian sangat luas dan menjanjikan, sehingga ke depannya dapat membuka minat tidak hanya sebagai pegawai, tetapi dapat berwirausaha di bidang pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *