Mahasiswa Politeknik Berperan Aktif Atasi AKI-AKB

Lebih dari 30 mahasiswa semester empat Program Studi (Prodi) Kebidanan Politeknik Banjarnegara melaksanakan Program Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) yang dipusatkan di Dukuh Kalipacet, Desa Somawangi, Kecamatan Mandiraja. Kegiatan tersebut dilaksanakan sekitar satu bulan dan telah berakhir Jum’at (11/8) lalu melalui kegiatan penarikan mahasiswa yang dilaksanakan di Balai Desa Somawangi.

Rusfita Retna, S.SiT, M.Kes selaku dosen sekaligus Koordinator PKMD mengatakan PKMD merupakan bagian dari Mata Kuliah Praktek Komunitas. Kegiatan tersebut dilaksanakan agar mahasiswa memperoleh gambaran langsung tentang masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat sehingga diharapkan dapat membantu mengatasi masalah Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI dan AKB), juga memicu pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesehatan ibu, anak, dan lansia. “Dengan terjun langsung ke masyarakat, mahasiswa dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat sehingga bisa ikut membantu mencari solusi dan memecahkan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat,” katanya.

Kepala Desa Somawangi, Wasirun, dalam sambutannya mengatakan banyak manfaat yang bisa diambil dari program tersebut baik untuk mahasiswa maupun untuk masyarakat di lokasi PKMD. Menurut dia beberapa program dari mahasiswa yang berhasil dilaksanakan selama berada di Dukuh Kalipacet diantaranya program Posyandu Lansia, Bank Data Golongan Darah, pembuatan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan program berhenti merokok serta Program Ambulance Desa yang telah dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Desa Somawangi tentang Penunjukkan Ambulance Desa Dusun IV. “Mudah-mudahan program atau kegiatan yang sudah dijalankan mahasiswa Politeknik Banjarnegara akan terus terjaga, bahkan akan terus berkembang menjadi semakin baik,” kata Wasirun.

Hal yang sama juga disampaikan Supriyatno, SKM yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara. Dalam sambutannya, pihaknya mengatakan kegiatan PKMD yang dilaksanakan oleh Politeknik Banjarnegara sangat membantu pemerintah, khususnya dalam memetakan masalah, memperbaharui data dan menentukan solusi-solusi atas masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat. Dirinya juga menyampaikan kebanggaannya kepada Politeknik Banjarnegara baik mahasiswa maupun alumninya yang selama ini menjadi salah satu yang paling unggul kompetensi dan adabnya ketika melakukan praktek di lingkungan kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara.

 dsc_0355

dsc_0350

dsc_0369

dsc_0374

dsc_0377

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *