Mahasiswa Kesling Lakukan Kunjungan Ilmiah

Sebanyak 32 mahasiswa Program Studi Kesehatan Lingkungan (Kesling) Politeknik Banjarnegara melakukan kunjungan industri ke PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri  yang berada di Kecamatan Kelapa Nunggal, Kabupaten Bogor, 22-24 November lalu.

Ketua Prodi Kesling, Bayu Suseno, SKM, M.Kes menjelaskan PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri merupakan perusahaan pengolah limbah Bahan Beracun Berbahaya (B3) pertama di Indonesia yang berdiri sejak 1994. PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri  berdiri di atas area sekitar 54 ha dimana dua pertiga lahannya digunakan untuk kegiatan pengelolaan limbah.

Menurut dia, kunjungan ilmiah tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa terkait pengelolaan limbah infeksius B3. Selain itu juga sebagai sarana untuk menambah wawasan tentang dunia kerja. “Kunjungan ilmiah ini merupakan salah satu bentuk praktek eksternal mahasiswa sekaligus menjadi agenda rutin yang dilaksanakan untuk setiap angkatan,” kata Bayu. Sebelumnya kegiatan serupa pernah dilaksanakan pada beberapa perusahaan diantaranya di Kabupaten Malang, Cilacap dan Semarang.

Sebelum melakukan kegiatan tour mengelilingi kawasan PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri, seluruh peserta mengikuti kegiatan pembelajaran tentang pengelolaan limbah yang materinya disampaikan langsung oleh pihak PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri. “Materi yang disampaikan tentang sistem pengelolaan limbah cair, padat dan B3. Setelah presentasi juga diselenggarakan session tanya jawab,” ungkap Bayu.

Dosen Prodi Kesling yang juga ikut mendampingi peserta kuliah ilmiah, Tri Suryantoro, SKM menambahkan selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan sistem pengolahan limbah, kegiatan kunjungan industri tersebut juga untuk mendukung beberapa mata kuliah diantaranya Dasar-dasar Pemecahan Masalah Kesehatan Lingkungan, Ekologi Kesehatan, Penyehatan Air dan Pengolahan Limbah, Pengawasan Penyehatan Lingkungan Pemukiman serta Pengawasan Pencemaran Lingkungan.

a

b

c

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *