Kamis, 13 Oktober 2022 Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan melaksanakan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Desa Jalatunda kecamatan Mandiraja. Kegiatan ini merupakan pertemuan perwakilan warga desa, kader kesehatan beserta tokoh masyarakat dan pemangku kebijakan untuk memebahas hasil Survey Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri.

Mahasiswa kebidanan mengjnisiasi kegiatan MMD bersama Pemerintah Desa Jalatunda yang bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Mandiraja 1. Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa bertempat di Balai Desa Jalatunda. pada acara tersebut dihadiri oleh Tim Kesehatan dari UPTD Kecamatan Mandiraja, Forkompincam, Puskesmas Mandiraja 1, Pemerintah Desa dan Kader Kesehatan setempat.

Tujuan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yaitu : Masyarakat mengenal masalah kesehatan di wilayahnya. Musyawarah bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan desa siaga dan poskesdes. Masyarakat juga menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan, melaksanakan desa siaga dan poskesdes.

Dalam sambutannya, Camat Mandiraja menyampaikan apresiasi diberikan kepada mahasiswa kebidanan Politeknik Banjarnegara yang telah melaksanakan kegiatan survei mawas diri dan kegiatan musyawarah masyarakat desa dengan baik.

Beberapa hasil kesepakatan yang diperoleh adalah ditemukannya masalah terkait kesehatan ibu dan anak yaitu ditemukannya ibu hamil resiko tinggi dan juga kejadian stunting pada balita. Beberapa penyelesaian dan tindakan di atas untuk menanggulangi masalah kesehatan yang ada di desa, dan yang telah disepakati bersama diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan dapat segera terrealisasikan.

Mahasiswa juga siap berkolaborasi dalam mencegah kejadian stunting dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan yaitu dimulai dari masa kehamilan dan pengelolaan bayi dan balita sampai usia 2 tahun.

admin

Perguruan Tinggi Vokasional Jenjang Diploma III Bidang Kesehatan dan Pertanian

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *