Mahasiswa Kebidanan Ikuti Praktik Kebidanan 1

10623300_697543903670294_7264954073225633701_oSebanyak 43 mahasiswa Program Studi (Prodi) Kebidanan angkatan 2012 Politeknik Banjarnegara melaksanakan program Praktik Kebidanan 1. Kegiatan tersebut diawali dengan pelepasan secara simbolis oleh Ketua Prodi Kebidanan Lia Aria Ratmawati, S.SiT, M.Kes, Senin (15/9) yang lalu.

Menurut Lia program praktik kebidanan merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa Prodi Kebidanan. “Ada beberapa program praktik yang harus dilalui oleh mahasiswa diantaranya Praktik Kebidanan 1, Praktik Kebidanan 2 dan Praktik Kebidanan, Patologi dan Keluarga Berencana,” ujarnya.

Lia menjelaskan untuk Praktik Kebidanan 1 tahun ini peserta ditempatkan pada 24 Puskesmas yang tersebar di tiga Wilayah Kerja Dinas Kesehatan yaitu Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo dan Temanggung. “Untuk Praktik Kebidanan 1 rencananya akan dilaksanakan sekitar 2 bulan dan nantinya setiap peserta diharapkan membuat laporan sebagai tugas individu,” kata Lia.

Sementara itu seorang dosen Prodi Kebidanan Ayu Prima Puspita, S.SiT menambahkan dengan Praktik Kebidanan diharapkan mahasiswa mampu menerapkan ilmu pengetahuan, ketrampilan dan sikap dalam Praktik Kebidanan di tatanan Klinik Kebidanan. Menurut dia, sekitar pertengahan November mendatang rencananya para mahasiswa tersebut kembali diterjunkan untuk mengikuti program Praktik Kebidanan 2 yang dilaksanakan pada lima rumah sakit di lima kabupaten, yaitu RS. Hj. Anna Lasmanah Soemitro Kolopaking Banjarnegara, RS. PKU Muhammadiyah Gombong Kebumen, RSUD Ajibarang Banyumas, RS Setjonegoro Wonosobo dan RSUD KRT Djojonegoro Temanggung.

“Untuk program praktik berikutnya yaitu Praktik Kebidanan, Patologi dan Keluarga Berencana akan dilaksanakan pada Dinas Kesehatan dengan waktu sekitar tiga bulan,” pungkasnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *