KSR Politeknik Beri Layanan Kesehatan

Korps Suka Rela (KSR) PMI Unit Politeknik Banjarnegara setiap Minggu pagi memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Banjarnegara secara gratis. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kompleks alun-alun Banjarnegara tepatnya di Jl. KH Ahmad Dahlan atau depan SMP Muhammadiyah Banjarnegara mulai pukul 06.00 – 09.00.

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR PMI Unit Politeknik Banjarnegara Gita Razzaq Faraidilla mengatakan dipilihnya alun-alun sebagai tempat untuk memberikan layanan dikarenakan setiap minggu pagi kompleks alun-alun Banjarnegara dijadikan sebagai alternatif tempat untuk melakukan aktifitas olahraga dan kegiatan lain sehingga banyak warga masyarakat yang berdatangan. “Kita memilih Minggu pagi, selain banyak masyarakat yang berada disana juga tidak mengganggu kegiatan akademik,” ungkapnya.

Dijelaskan Gita, KSR PMI merupakan salah satu UKM yang ada di Politeknik Banjarnegara. Berbagai kegiatan rutin telah dirumuskan dalam program kerja diantaranya donor darah dan kegiatan sunday morning di alun-alun. Selain kegiatan rutin, beberapa kegiatan yang bersifat insidental juga kerap dilaksanakan diantaranya ikut membantu korban bencana alam tanah longsor yang terjadi di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Karangkobar, Desember lalu.

“Untuk program pelayanan kesehatan yang dilaksanakan secara rutin di alun-alun terdiri dari pengecekan golongan darah, pengukuran tekanan darah, penimbangan berat serta pengukuran tinggi badan dan sebagainya. Selain itu juga disediakan pelayanan konsultasi kesehatan,” tambah Gita.

Seorang warga, Nurul mengatakan dengan adanya pelayanan kesehatan yang diberikan KSR PMI Unit Politeknik Banjarnegara dirinya merasa terbantu khususnya untuk melakukan pengecekan dan kontrol terhadap tekanan darah. “Setiap minggu pagi, saya rutin melakukan pengukuran tekanan darah yang dilaksanakan oleh mahasiswa Politeknik,” ungkapnya.

Sementara itu Pembina UKM KSR PMI Unit Politeknik Banjarnegara, Umi Nur Fajri mengatakan untuk membina dan menumbuhkan rasa sosial dan kemanusiaan khususnya bagi para mahasiswa, Politeknik Banjarnegara membentuk UKM KSR sebagai wadah untuk menyiapkan sumber daya manusia yang dituntut selalu peka dan berperan aktif dalam menghadapi berbagai keadaan di sekitarnya. “UKM ini dimaksud untuk menyiapkan tenaga kepalangmerahan yang berada dalam keadaan siaga, dengan sukarela dan tulus ikhlas menyediakan diri untuk memberi bantuan dan pertolongan sesuai dengan kemampuannya bagi sesama yang memerlukan,” katanya.

Menurut Umi kegiatan rutin sunday morning telah dilaksanakan sejak akhir 2013 lalu namun dulu lokasinya berada di depan kantor KPUD Banjarnegara. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari kegiatan tersebut. Anggota KSR kebanyakan mahasiswi Program Studi Kebidanan, sehingga program tersebut juga melatih kepekaan dan ketrampilan mereka dalam berinteraksi dan berhubungan dengan masyarakat karena nantinya setelah lulus mereka harus berada di tengah-tengah masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *