DIII KESEHATAN LINGKUNGAN
- Visi
- Misi
- Tujuan
- Fungsi
- Mata Kuliah
- Staff
Visi
Menjadi Program Studi yang menghasilkan tenaga ahli madya Kesehatan Lingkungan yang profesional, kompeten di bidangnya, produktif, mandiri, dan menjadi unggulan di wilayah Jawa Tengah pada tahun 2025.
Misi
Misi pendidikan Diploma III Kesehatan Lingkungan adalah:
- Mengapilkasikan proses belajar mengajar yang komprehensif dengan menggunakan strategi dan sistem pembelajaran modern untuk menghasilkan lulusan Diploma III Kesehatan Lingkungan yang profesional, produktif, mandiri, berorientasi holistik, menjunjung tinggi nilai luhur kemanusiaan dan komunitasnya serta berorientasi nasional dan internasional.
- Mengupayakan secara maksimal agar Program Studi Kesehatan Lingkungan menjadi program studi unggulan di wilayah Banyumas dan berstandar nasional dan internasional.
- Mengembangkan kurikulum yang sistematis dan komprehensif sehingga diperoleh keluaran (outcome) lulusan yang mampu mengisi kebutuhan nyata di masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan pemerintah.
- Membina kehidupan akademik yang memberikan iklim kondusif bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan potensi masyarakat.
- Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan untuk bidang kesehatan lingkungan dan penerapannya guna sebesar-besarnya bermanfaat bagi kemanusiaan khususnya dalam penanggulangan, pengendalian, dan pemberantasan malaria.
- Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan lingkungan khususnya malaria.
- Melaksanakan pendidikan dan pengajaran motivasi yang berorientasi pada pengembangan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing untuk mengisi SDM dalam bidang kesehatan di Indonesia.
- Meningkatkan kerjasama dengan pihak terkait (stakeholders) dan institusi penyelenggara program DIII Kesehatan Lingkungan lainnya dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.
Tujuan
Tujuan pendidikan Diploma III Kesehatan Lingkungan adalah untuk menghasilkan tenaga yang profesional di bidang Kesehatan lingkungan (Ahli Madya) yang berjiwa Pancasila, memiliki integritras kepribadian yang tinggi, serta mempunyai kualifikasi untuk melakukan profesi di bidang kesehatan lingkungan dalam suatu sistem pelayanan kesehatan masyarakat dan klinik.
A. Profesi dan Peran
Profesi lulusan pendidikan Diploma III Kesehatan Lingkungan adalah sebagai seorang sanitarian yang harus memiliki peran sebagai berikut:
1. Peran sebagai pelaksana kegiatan kesehatan lingkungan.
2. Peran sebagai pengelola kesehatan lingkungan.
3. Peran sebagai pendidik, pelatih, dan pemberdayaan masyarakat.
4. Peran sebagai peneliti kesehatan lingkungan.
Fungsi
Dalam melaksanakan perannya, lulusan pendidikan Diploma III Kesehatan Lingkungan mempunyai fungsi sebagai berikut:
- Menentukan dan Melaksanakan pemeriksaan/pengukuran komponen lingkungan secara tepat serta Menetapkan dan Menginformasikan penyimpangan lingkungan yang mempengaruhi kesehatan manusia berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan.
- Menganalisis dan Menginterpretasikan hasil pengukuran komponen lingkungan yang mempengaruhi kesehatan manusia.
- Merancang dan merekayasa penanggulangan masalah lingkungan yang mempengaruhi kesehatan manusia.
- Mengorganisasi dan Mengevaluasi hasil penanggulangan masalah kesehatan lingkungan.
- Mengorganisasi penanggulangan masalah kesehatan lingkungan.
- Menginventarisasi, Menentukan, Merencanakan bentuk, Melaksanakan dan Mengevaluasi intervensi terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat yang tidak sesuai dengan kaidah kesehatan.
- Menentukan dan Melaksanakan kegiatan penelitian teknologi tepat guna dalam bidang kesehatan lingkungan.
B. Kompetensi Prodi D III Kesehatan Lingkungan
Kompetensi standar Program Studi Kesehatan Lingkungan adalah:
- Mampu melakukan pengolahan dan pemeriksaan kualitas berbagai jenis sumber air dan limbah cair
- Penyehatan tanah dan pengolahan sampah
- Penyehatan makanan dan minuman
- Penyehatan udara
- Pengendalian vektor
- Pemberdayaan masyarakat
Kompetensi unggulan Program Studi Kesehatan Lingkungan peminatan malaria meliputi:
- Mampu menjelaskan tentang komponen kesehatan lingkungan yang mempengaruhi penyakit malaria, meliputi faktor risiko malaria, penyakit malaria dan upaya pencegahan dan pemberantasanmalaria.
- Mampu melaksanakan tata laksana kasus malaria dengan melakukan diagnosa dan memahami pengobatan malaria.
- Mampu melakukan upaya pencegahan malaria melalui promosi kesehatan lingkungan dan intervensi secara epidemiologi lingkungan.
- Mampu melakukan upaya dan langkah-langkah manajemen program pengendalian malaria melalui pengendalian vektor dan manipulasi lingkungan.
- Mampu melakukan identifikasi parasit penyebab penyakit dan identifikasi vektor penyakit berbasis lingkungan.
Kompetensi Pendukung Program Studi Kesehatan Lingkungan meliputi :
- Mampu menjelaskan keilmuan dasar yang menunjang pemahaman tentang hubungan kesehatan lingkungan dengan penyakit malaria.
- Mampu melakukan pengumpulan dan pengolahan data dasar malaria dengan menggunakan statistik dan GIS melalui perangkat komputer.
- Menjunjung tinggi norma, tata nilai, agama dan tanggung jawab profesional.
- Mampu bekerja secara tim dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja.
- Memiliki kepekaan sosial yang tinggi terhadap masalah di masyarakat khususnya masalah malaria serta mampu menerapkan teknologi tepat guna dalam mengatasi masalah.
- Memiliki kemampuan komunikatif dan kepemimpinan dalam menunjang kemampuan di bidang kesehatan lingkungan.
Kompetensi lain Program Studi Kesehatan Lingkungan meliputi:
- Mampu berbahasa Inggris dan Indonesia dalam menunjang keterampilan di bidang Kesehatan Lingkungan.
- Memiliki Keterampilan mengoperasikan GIS dan Komputer.
Mata Kuliah
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | DISTRIBUSI PEMBELAJARAN | ||
T | P | K/L | ||||
1 | KL 1.1.01 | Pendidikan Agama | 2 | 2 | – | – |
2 | KL 1.1.02 | Pendidikan Pancasila | 2 | 2 | – | – |
3 | KL 1.1.04 | Bahasa Indonesia | 2 | 1 | 1 | – |
4 | KL 1.1.05 | Bahasa Inggris | 2 | 1 | 1 | – |
5 | KL 1.1.06 | Dasar-dasar Kesehatan Lingkungan | 2 | 1 | 1 | – |
6 | KL 1.1.07 | Teknik Pengambilan sampel | 2 | 1 | 1 | – |
7 | KL 1.1.08 | Dasar Teknik | 2 | 1 | 1 | – |
8 | KL 1.2.03 | Mikrobiologi Lingkungan | 3 | 1 | 2 | |
9 | KL 1.2.05 | Ekologi | 2 | 1 | 1 | |
Jumlah | 19 | 11 | 8 | – |
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | DISTRIBUSI PEMBELAJARAN | ||
T | P | K/L | ||||
1 | KL 1.2.01 | Fisika Lingkungan | 2 | 1 | 1 | – |
2 | KL 1.2.02 | Kimia Lingkungan | 2 | 1 | 1 | – |
3 | KL 1.2.04 | Entomologi | 2 | 1 | 1 | – |
4 | KL 1.2.06 | Toksikologi Lingkungan | 2 | 1 | 1 | – |
5 | KL 1.2.07 | Pencemaran Lingkungan | 4 | 3 | 1 | – |
6 | KL 1.2.08 | Ilmu Sosial Budaya dasar | 2 | 2 | – | – |
7 | KL.1.1.03 | Kewarganegaraan | 2 | 2 | – | – |
8 | KL.2.2.01 | Praktek Klinik Parasitologi | 2 | 1 | 1 | – |
9 | KL.2.2.02 | Pendidikan Budaya Anti Korupsi | 2 | 1 | 1 | – |
Jumlah | 20 | 13 | 7 |
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | DISTRIBUSI PEMBELAJARAN | ||
T | P | K/L | ||||
1 | KL 1.3.01 | Surveylance Epidemiologi | 2 | 1 | 1 | – |
2 | KL 1.3.02 | Statistik | 2 | 1 | 1 | |
3 | KL 1.3.03 | Penyediaan Air | 2 | 1 | 1 | – |
4 | KL 1.3.04 | Pengelolaan Limbah Cair | 3 | 1 | 2 | – |
5 | KL 1.3.05 | Penyehatan Udara. | 2 | 1 | 1 | – |
6 | KL 1.3.06 | Penyehatan Tanah | 2 | 1 | 1 | – |
7 | KL 1.3.07 | Penyehatan Makanan Minuman | 2 | 1 | 1 | – |
8 | KL.2.3.01 | Praktek Klinik Entomologi | 2 | 1 | 1 | – |
9 | KL.2.3.02 | Kesehatan Darurat dan Bencana | 2 | 1 | 1 | – |
10 | KL 1.4.05 | Sanitasi Industri dan K3 | 2 | 1 | 1 | – |
Jumlah | 21 | 10 | 11 |
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | DISTRIBUSI PEMBELAJARAN | ||
T | P | K/L | ||||
1 | KL 1.4.01 | Sanitasi Tempat-Tempat Umum (STTU) | 2 | 1 | 1 | – |
2 | KL 1.4.02 | Sanitasi Rumah Sakit. | 2 | 1 | 1 | – |
3 | KL 1.4.03 | Pengendalian Vektor dan Tikus | 2 | 1 | 1 | – |
4 | KL 1.4.04 | Pengelolaan Sampah | 2 | 1 | 1 | – |
5 | KL 1.1.09 | Peraturan Perundang-Undangan Kesehatan | 2 | 1 | 1 | – |
6 | KL 1.4.06 | Kewirausahaan | 2 | 1 | 1 | |
7 | KL.1.5.05 | Metodologi Penelitian | 2 | 1 | 1 | – |
8 | KL.2.4.01 | Epidemiologi Kesehatan Lingkungan | 2 | 1 | 1 | – |
9 | KL.2.4.02 | GIS | 2 | 1 | 1 | – |
10 | KL.2.4.03 | Manajemen Lingkungan | 2 | 1 | 1 | – |
Jumlah | 20 | 10 | 10 | – |
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | DISTRIBUSI PEMBELAJARAN | ||
T | P | K/L | ||||
1 | KL 1.5.01 | Sanitasi Transportasi, Pariwisata dan Matra | 2 | 1 | 1 | – |
2 | KL 1.5.02 | Penyehatan Permukiman | 2 | 1 | 1 | – |
3 | KL 1.5.03 | Etika Profesi | 2 | 2 | – | – |
4 | KL 1.5.04 | Promosi Kesehatan | 2 | 1 | 1 | – |
5 | KL 2.5.03 | Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja | 2 | 1 | 1 | – |
6 | KL.2.5.01 | Praktek Klinik Pengendalian Vektor | 2 | 1 | 1 | – |
7 | KL.2.5.02 | Antropologi Kesehatan | 2 | 1 | 1 | – |
8 | KL.2.5.04 | Pest Control | 2 | 1 | 1 | – |
9 | KL.2.6.02 | Amdal | 2 | 1 | 1 | – |
10 | KL.2.6.01 | Pengelolaan Limbah Medis | 2 | – | 1 | 1 |
Jumlah | 20 | 10 | 9 | 1 |
No. | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | DISTRIBUSI PEMBELAJARAN | ||
T | P | K/L | ||||
1 | KL 1.6.01 | Praktek Kerja Puskesmas | 3 | – | – | 3 |
2 | KL 1.6.02 | Praktek Kerja Industri | 2 | – | – | 2 |
3 | KL 1.6.03 | Tugas Akhir | 3 | – | – | 3 |
Jumlah | 8 | – | – | 8 |
Staff
- Purwanti , S.Kep