Kelurahan Rejasa Gandeng Politeknik Banjarnegara

Kelurahan Rejasa bekerjasama dengan Politeknik Banjarnegara menggelar pelatihan pertanian berupa pembuatan pupuk organik, pembuatan arang sekam, budidaya sayur dalam polibag dan budidaya tanaman buah dalam pot (Tabulampot).

Pelatihan yang diprakarsai PKK Kelurahan Rejasa tersebut diselenggarakan di Gedung Pertemuan Kelurahan Rejasa akhir Januari lalu. Sebagai instruktur Arum Asriyanti Suhastyo, SP., M.Si dan Bondan Hary Setiawan, SP., MP dari Program Studi Agroteknologi.

Sesi pertama, Arum Asriyanti Suhastyo, SP., M.Si mengulas tentang peran dan cara pembuatan pupuk organik cair dan pupuk kompos. Peserta dipahamkan mengenai arti penting pupuk organik dan cara pembuatannya dengan memanfaatkan limbah lokal masyarakat Rejasa seperti sekam, pupuk kandang, sampah organik dan bahan-bahan lain yang dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan pupuk. “Peserta sangat antusias dan aktif mengajukan berbagai pertanyaan seputar pupuk organik dan kompos,” kata Arum.

Sesi kedua, Bondan Hary Setiawan, SP., MP mengupas tentang pemanfaatan sekam menjadi arang sekam dengan menggunakan alat sederhana dimana melakukan pembakaran sekam menjadi arang tanpa menjadi abu serta berbagai manfaat dari penggunaan arang sekam. Selanjutnya tentang cara budidaya sayur dan buah di halaman rumah melalui polibag dan pot secara organik.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan arang sekam, pembuatan pupuk organik cair dan kompos serta budidaya sayur dan buah dalam pot dan polibag. Diharapkan masyarakat dapat mengembangkan potensinya sehingga kelurahan Rejasa siap untuk menyambut dijadikannya Desa Wisata di Kabupaten Banjarnegara.

22

33

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *