Kebidanan

PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN

Visi

  • Menjadi Program Studi Kebidanan unggulan di Indonesia pada tahun 2020 untuk menghasilkan lulusan Kebidanan yang kompeten, handal dan produktif dalam bidang kebidanan komunitas.

Misi

  • Mengimplementasikan proses belajar mengajar bidang ilmu kebidanan yang komprehensif dengan menggunakan strategi dan sistem pembelajaran modern untuk menghasilkan lulusan Diploma III Kebidanan yang professional, mandiri, berorientasi holistik, menjunjung tinggi nilai luhur kemanusiaan dan komunitasnya serta berorientasi Nasional dan Internasional.
  • Meningkatkan bidang penelitian yang menunjang keunggulan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya bangsa yang relevan dengan ilmu kebidanan.
  • Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kebidanan.
  • Menjalin kerjasama dengan stakeholder dan institusi Pendidikan Tinggi sejenis atau bidang kesehatan pada umumnya guna pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pertukaran ilmu dan teknologi, bantuan mengajar, lanjutan pendidikan bagi pengajar dan mahasiswa serta penelitian dan pengembangan.

Tujuan

  1. Menyiapkan tenaga ahli madya kebidanan utamanya agar mempunyai kompetensi dalam bidang kebidanan untuk diaplikasikan dalam lapangan pekerjaannya dan dapat bersaing dalam mengisi peluang kerja serta mampu berwirausaha.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan mutu kehidupan masyarakat.
  3. Mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa kebidanan.

Sasaran

Sasaran Civitas Akademika Program Studi Kebidanan dan strategi pencapaian setiap tahun akademik melalui implementasi kuliah 40% dan praktek 60%, praktek kerja lapang/klinik, Field trip, tugas akhir bagi mahasiswa, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, seminar serta pelatihan/magang bagi dosen, pelatihan/magang untuk teknisi.

Keunggulan

Keunggulan Program Studi D III Kebidanan Politeknik Banjarnegara adalah lebih kompeten dalam hal pelayanan kebidanan di masyarakat (Komunitas) dan Soft Skill yang dimiliki.

Daftar Nama Staf Kebidanan

Kaprodi Kebidanan   : Lia Aria Ratmawati, SST., M.Kes.

Sekprodi Kebidanan : Ratih Subekti, S.Sit, M.Kes

Dosen :

  1. Dewie Sulistyorini, S.SiT, M.Kes
  2. Isnaeni Rofiqoch, S.SiT
  3. Ayu Prima Puspita, S.SiT. (Sie Praktik PKK)
  4. Reni Sumanti, S.SiT. (Sie Praktik KDK)
  5. Rusfita Retna, SST. (Sie Praktik PKMD)
  6. Dian Nirmala Sari, S.SiT. (Sie Kemahasiswaan)
  7. Umi Nur Fajri, S.SiT. (Sie Bendahara)
  8. Ely Andriyani (Ka Lab Laboratorium)
  9. Purwanti, S.Kep. Ners (Laboran)
  10. Shinta Siswoyo P., S.SiT, M.Kes
  11. Diah Widyatun, S.SiT