Politeknik Banjarnegara dengan 3 program studi yang dimiliki yakni diploma 3 Kebidanan, diploma 3 Kesehatan lingkungan dan diploma 3 Agroindustri diyakini sangat mampu dalam berkontribusi mengatasi isu atau masalah yang terjadi di Masyarakat. Saat ini isu Kesehatan pada masalah pembentukan karakter/soft skill yang sangat pernting untuk ditanamkan pada masa pembelajaran dalam kurun waktu 3 tahun.

Imam B. Prasodjo memandang ada masalah strategis ke depan dalam bidang pendidikan dan Kesehatan yang perlu dibenahi, yakni membangun karakter di tengah perubahan. Karena, saat ini perubahan menjadi begitu cepat, setelah adanya dunia digital. Dalam hal ini ia mnyebutkan perlu adanya Pendidikan karakter yang berkesinambungan yang dapat dikelola dalam bentuk bimbingan intensif dengan bentuk Pendidikan asrama bagi mahasiswa.

Di sisi lain keunggulan vokasi saat ini juga menjadi pilihan karena dengan proses pembelajaran yang cukup dilakukan dalam kurun waktu yang singkat yakni 3 tahun tetapi mampu melahirkan tenaga ahli di bidang kesehatn dan pertanian yang siap bersaing di dunia kerja.