Festival Hortikultura 2015, Politeknik Kenalkan Teknologi Pertanian

Berbagai teknologi pertanian yang dikembangkan Politeknik Banjarnegara nampaknya cukup menarik pengunjung Festival Hortikultura Jawa Tengah V tahun 2015 yang digelar di kawasan Agro Center Soropadan, Temanggung, 23-25 Oktober kemarin

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Tengah tersebut sedikitnya diikuti oleh 35 stand pameran yang merupakan perwakilan dari seluruh kabupaten/kota se-Jawa Tengah dan Politeknik Banjarnegara menjadi satu-satunya peserta dari institusi pendidikan.

Ketua Program Studi Agroteknologi, Dwi Ari Cahyani mengatakan pihaknya sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut. Menurut dia, Politeknik Banjarnegara dengan berbagai potensi yang dimiliki khususnya melalui Program Studi Agroteknologi senantiasa melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan dan memajukan dunia pertanian. “Melalui kegiatan seperti inilah kami bisa mengenalkan berbagai teknologi pertanian yang telah kami kembangkan dan kami juga bisa saling bertukar informasi dan belajar bersama daerah atau kabupaten lain,” kata Dwi Ari.

Beberapa teknologi pertanian yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut diantaranya hidroponik, kultur jaringan dan sebagainya. Hidroponik jenis Ebb and Flow (Pasang surut) menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung karena hidroponik jenis ini konstruksinya sangat menarik dan dilengkapi dengan sistem pengatur waktu pemberian nutrisi tanaman secara otomatis.

Selain untuk mengenalkan teknologi pertanian kepada masyarakat luas, kegiatan tersebut juga dijadikan sebagai sarana pembelajaran kepada mahasiswa Politeknik Banjarnegara. “Mahasiswa kita fasilitasi untuk berkunjung pada kegiatan tersebut dalam bentuk studi lapang, diharapkan dari kegiatan tersebut mereka bisa belajar berbagai hal baru dan dapat mengaplikasikannya,” ungkapnya.

22
Apresiasi Gubernur
Saat meninjau stand Politeknik Banjarnegara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan apresiasi terhadap teknologi pertanian yang telah dikembangkan Politeknik Banjarnegara. Dirinya berpesan agar teknologi tersebut terus dikembangkan dan selalu melakukan inovasi.

Sementara itu Kepala UPT Humas Politeknik Banjarnegara Bondan Hery Setiawan mengatakan ajang tersebut merupakan salah satu sarana promosi dan publikasi bagi Politeknik Banjarnegara yang saat ini memiliki tiga program studi unggulan yaitu Agroteknologi, Kebidanan dan Kesehatan Lingkungan.

33

44

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *