Mahasiswa Kesehatan Lingkungan Melakukan Aksi PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk)

MAHASISWA KESEHATAN LINGKUNGAN MELAKUKAN AKSI PSN (PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK)

Hari ini, Kamis 23 Desember 2021 sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam HIMAKESLING (Himpunan Mahasiswa Kesehatan Lingkungan) Politeknik Banjarnegara melakukan aksi PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di wilayah Kelurahan Kenteng dalam rangka pencegahan penyakit tular vektor antara khususnya DBD (Demam Berdarah Dengue) dan Cikungunya. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya kasus Cikungunya di beberapa wilayah di Banjarnegara yang sudah mulai meresahkan masyarakat.

PSN merupakan salah satu tindakan preventif yang dilakukan sebelum terjadinya suatu penyakit tular vektor. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan prinsip 3M plus yaitu Menguras, Menutup, Menimbun genangan dan penampung air serta memberikan larvasida bila tempat perindukan sulit terjangkau. Jenis nyamuk yang menjadi sasaran PSN adalah Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang berperan sebagai vektor pembawa agen penyakit.

Salah satu kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa Prodi D3 Kesehatan Lingkungan Polibara adalah di bidang pengendalian vektor penyakit. Di dalam pembelajarannya pun didukung oleh fasilitas peralatan yang memadai misalnya alat fogging, spray can, mist blower, aspirator dan kelengkapan lainnya.

Gerakan mahasiswa yang disambut dengan baik oleh masyarakat kelurahan setempat ini sebagai bentuk respon terhadap kejadian penyakit berbasis lingkungan. Kader kelurahan juga dilibatkan dalam kegiatan ini dengan harapan ke depan bisa berjalan secara mandiri dan berkelanjutan. Mahasiswa juga akan lebih terlatih ketika nanti terjun ke dunia kerja sebagai tenaga sanitarian yang berkompeten. Salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *