Direktur Politeknik Hadiri Launching “Kamis Berbahasa Jawa” SMPN 2 Klampok

Direktur Politeknik Banjarnegara Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum, Kamis (29/1), menghadiri launching penggunaan bahasa Jawa setiap Kamis di SMP Negeri 2 Klampok, Banjarnegara. Kegiatan tersebut juga dihadiri camat, kepala desa, komite sekolah dan seluruh guru. Kegiatan tersebut menjadi cukup menarik karena seluruh tamu undangan yang hadir menggunakan pakaian adat Banyumasan.

Dijelaskan Teguh, sejak 21 Maret 2013 lalu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Keputusan Bupati Nomor 434/176 Tahun 2013 tentang Penggunaan Bahasa Jawa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dan Peraturan Bupati Banjarnegara Nomor 8 tentang Bahasa, Sastra dan Aksara Jawa mengatur semua kegiatan di semua jajaran pemerintahan, lingkungan pendidikan formal, non formal, keluarga dan masyarakat dan setiap satuan pendidikan harus menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa pengantar atau bahasa komunikasi.

“Penerapan satu hari berbahasa Jawa dalam satu minggu ini merupakan upaya pemerintah untuk melindungi kebudayaan Jawa dialek Banyumasan agar jangan sampai punah,” ungkapnya. Menurut dia, lembaga yang dipimpinnya sangat mendukung berbagai upaya untuk melestarikan kebudayaan Jawa. Salah satu bentuk konkrit dari dukungan tersebut adalah dengan adanya agenda rutin lomba pidato basa Mbanyumasan yang digelar Politeknik Banjarnegara setiap tahun.

Kepala SMP Negeri 2 Klampok, Ety Triwinarti, S.Pd mengatakan kebijakan untuk menggunakan bahasa Jawa setiap hari Kamis di lingkungan pendidikan formal sangat perlu dilakukan untuk pendidikan karakter siswa. Selain itu, juga sebagai wujud dari pemberdayaan kearifan lokal. Sebab saat ini banyak siswa yang tidak bisa berbahasa Jawa dengan baik dan benar. “Sekarang banyak siswa yang tidak bisa berbahasa Jawa dengan benar. Ini sangat memprihantikan. Karena itu, kebijakan menggunakan bahasa Jawa setiap Kamis sangat perlu dilakukan,” kata Ety.

Teguh Supriyanto menambahkan, tidak hanya menerapkan peraturan penggunaan bahasa saja, Pemkab Banjarnegara juga menerapkan setiap Kamis terakhir setiap bulan, aparatur pemerintah di Kabupaten Banjarnegara diwajibkan menggunakan pakaian adat Kabupaten Banjarnegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *