Digagas, Kerjasama Politeknik dengan SMK

Untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Politeknik Banjarnegara menggagas kerjasama dengan beberapa SMK di Banjarnegara, salah satunya SMK Negeri 1 Mandiraja. Gagasan tersebut tertuang dalam draft nota kesepahaman (MoU) yang tersusun di ruang Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Mandiraja, Selasa (28/10) lalu.

Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni, Lukmanul Hakim, STP., M.Sc mengatakan gagasan kerjasama tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk mengembangkan IPTEK, sumber daya manusia dan kelembagaan. “Ruang lingkup kerjasama ini meliputi kegiatan pendidikan, penelitian, dan atau pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan IPTEK, sumber daya manusia dan kelembagaan kedua belah pihak,” tegasnya.

Menurut Lukman kerjasama dilaksanakan dalam batas-batas kemampuan, tupoksi dan kewenangan kedua belah pihak tanpa mengurangi kelancaran tugas dan tanggung jawab masing-masing. Dirinya berharap kerjasama tersebut bisa saling menguntungkan dan memberi manfaat kepada kedua belah pihak untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Banjarnegara.

Saat ini Politeknik Banjarnegara memiliki tiga program studi (prodi) yaitu Kebidanan, Agroteknologi dan Kesehatan Lingkungan. Selain itu juga tersedia berbagai fasilitas dan sarana penunjangnya. “Beberapa sarana penunjang yang ada di Politeknik Banjarnegara diantaranya laboratorium kebidanan, agroteknologi, kesehatan lingkungan dan laboratorium terpadu dengan peralatan modern serta perpustakaan dengan koleksi yang cukup lengkap,” kata Lukman.

Ditambahkan Lukman, Politeknik Banjarnegara sebagai salah satu perguruan tinggi di Banjarnegara bertanggung jawab dan berkewajiban untuk terus mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat. “Kita membuka kesempatan kepada siapa saja dan pihak mana saja yang ingin bersama-sama belajar dan menggali berbagai bidang keilmuan,” kata Lukman.

Sementara itu Budi Hartono, S.Pd, Bagian Humas SMK Negeri 1 Mandiraja mengatakan dukungannya dengan gagasan kerjasama tersebut. Menurut dia berbagai fasilitas dan sarana untuk menunjang kegiatan belajar mengajar siswa-siswi dan gurunya tersedia di Politeknik Banjarnegara.

Beberapa waktu lalu, untuk mendukung kegiatan pembelajaran salah satu program keahlian yang yang ada di SMK Negeri 1 Mandiraja yaitu Mekanisasi Pertanian, pihak sekolahnya mengadakan kegiatan kunjungan dan pembelajaran di Politeknik Banjarnegara. “Selain didukung dengan sumber daya manusia yang berkompeten juga didukung dengan peralatan laboratorium yang memadai seperti hand traktor dan alat pertanian lainnya ,” ujarnya.

Panji Purnomo ST, Kepala Jurusan Permesinan SMK 2 Cokroaminoto yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Politeknik Banjarnegara dan meninjau berbagai sarana dan fasilitas yang ada juga menyatakan dukungannya terhadap gagasan kerjasama. Lebih jauh dirinya mengatakan untuk Jurusan Permesinan lebih mengarah ke maintenance atau perbaikan peralatan. Pihaknya berharap dapat terjadi sinergi dan kerjasama antara Politeknik dengan berbagai pihak untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di Banjarnegara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *