Selasa 11 Juni 2024, Rapat Senat Terbuka dengan agenda tunggal Peringatan Dies Natalis ke-16 Politeknik Banjarnegara telah digelar. Momentum tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara, Drs Indarto, M.Si sekaligus selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Dipayuda Banjarnegara. Beliau menekankan dalam sambutannya bahwa Politeknik Banjarnegara dari tahun ke tahun semakin maju dibuktikan dengan predikat akreditasi yang meraih predikat “Baik Sekali” sehingga lulusannya mudah terserap di sektor negeri maupun swasta. Harapan dari Dewan Pembina juga semoga predikat tersebut naik kedepannya dengan diimbangi oleh kualitas pembelajaran dan lulusan yang semakin baik pula.

Direktur Politeknik Banjarnegara Drs. Azis Purwanto, MM selaku Ketua Senat dalam ceremonial tersebut menyampaikan pula bahwa kampus kebanggaan Kabupaten Banjarnegara ini telah memiliki berbagai program akselerasi untuk peningkatan kapasitas dan kualitas lembaga sebagai kampus vokasi. Di antara kegiatannya adalah mulai merintis kampus berbasis industri. Kegiatannya antara lain telah mengembangkan beberapa produk misalnya, pupuk kompos dan pupuk cair serta penyulingan serai wangi.

Salah satu program pengembangan bidang agroindustri yang bisa diaplikasikan di masyarakat juga adalah Sistem Hidroponik. Sistem yang dipaparkan oleh salah satu dosen Politeknik Banjarnegara Ir. Sapto Wibowo MP pada kegiatan Orasi Ilmiah dalam rangkaian acara rapat senat tersebut memberikan inspirasi bagi masyarakat yang ingin membudidayakan tanaman sayuran dengan media tanam air yang bersifat fleksibel dan hasil yang memuaskan. Program-program tersebut tentunya harus didukung oleh seluruh sivitas akademika dan berbagai pihak eksternal baik pemerintah daerah maupun instansi swasta dan industri melalui kerjasama implementatif. Hal ini sejalan dengan slogan peringatan Dies Natalis Politeknik Banjarnegara tahun ini yaitu “Bersinergi Meraih Mimpi”. Semoga Polibara semakin jaya, unggul dan berdaya saing.

Polibara Kompeten Kompetitif!