Dies Natalis ke-13, Politeknik Banjarnegara Menuju Kampus Vokasi Bermutu

Dies Natalis ke-13, Politeknik Banjarnegara Menuju Kampus Vokasi Bermutu

Politeknik Banjarnegara sebagai kampus vokasi kenamaan di provinsi Jawa Tengah berdiri pada 11 Juni 2008 atas kerjasama Pemkab Banjarnegara dengan Kementerian Pendidikan Republik Indonesia. Hari ini, Jumat, (11/62021) Politeknik Banjarnegara yang dipimpin oleh seorang ilmuwan muda, Dr Tuswadi, genap berusia 13 tahun.

Rapat Senat Terbuka dengan agenda tunggal Dies Natalis ke 13 Politeknik Banjarnegara bertema “13 Miracle-Menguatkan Vokasi Bangsa Bersama Kampus Merdeka di Era Pandemi” berlangsung sederhana di Auditorium Politeknik dengan audience terbatas berpedoman pada protokol kesehatan di masa wabah Covid-19.

Direktur Politeknik Banjarnegara dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa dalam usia 13 tahun, Politeknik Banjarnegara makin mantap untuk tampil sebagai Kampus Vokasi yang bermutu dan secara aktif selalu menyumbangkan yang terbaik bagi masyarakat melalui tiga pilar yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam konteks kabupaten, Politeknik Banjarnegara selalu siap mendukung kinerja Pemerintah dalam mewujudkan Banjarnegara Bermartabat dan Sejahtera termasuk dalam usaha-usaha peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Sedangkan dalam skala provinsi dan nasional, Politeknik Banjarnegara siap mencahayai Jawa Tengah dan Indonesia melalui layanan pendidikan vokasi yang berkualitas.

Tuswadi menambahkan, posisi Politeknik Banjarnegara makin mantap dengan teraihnya Akreditasi Institusi BAIK dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada akhir 2020.

Sementara Program Studi D-3 Kebidanan meraih Akreditasi BAIK SEKALI dan D-3 Kesehatan Lingkungan meraih Akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), serta D-3 Agroindustri dalam proses penyesuaian Akreditasi B dari perubahan nomenklatur D-3 Agroteknologi.

Pembina Yayasan Dipayuda yang menaungi Politeknik sekaligus Sekda Banjarnegara, Drs Indarto MSi menyatakan turut bersyukur dan menyampaikan selamat atas Dies Natalis ke-13 Politeknik Banjarnegara.

“Selama ini Yayasan beserta Pemerintah Kabupaten Banjarnegara senantiasa memberikan dukungan penuh kepada Politeknik sehingga kinerja Politeknik benar-benar ketara bagi kemaslahatan masyarakat,” kata Drs Indarto.

Diharapkan di usia ke-13 Politeknik akan makin kuat dari sisi kepemimpinan, proses perkuliahan, mutu dosen dan sumber daya manusia serta makin dikenal oleh masyarakat bukan hanya dalam lingkup karesidenan Banyumas melainkan oleh banyak daerah termasuk di luar Jawa sehingga jumlah mahasiswa baru di tahun akademik 2021/2022 dan seterusnya akan makin bertambah dengan mutu yang juga makin baik.

Dies Natalis kali ini diisi dengan dua orasi ilmiah yakni dosen Program Studi Agroindustri Politeknik Banjarnegara, Sarno SIP MP mengambil hasil riset terkini Sinergitas Politeknik Banjarnegara dalam Pemberdayaan Petani Singkong.

Orasi kedua disampaikan oleh Ketua PMI Banjarnegara yang diwakili oleh Drs. Noor Tamami, M.Pd mengambil tema “Sinergitas PMI dalam Membangun Banjarnegara Sehat di Era Pandemi”.

Pada Dies Natalis ke-13 Politeknik Banjarnegara mendapatkan ucapan selamat secara virtual dari Gubernur Jateng, Bupati Banjarnegara, Kemdikbud Ristek RI, Deputi II Kantor Staf Presiden RI 2015-2019, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Kantor International Affair UNNES, Ketua PMI Banjarnegara, dan lainnya.

Pada kesempatan Dies Natalis kali ini juga diberikan Beasiswa Mitra Polibara kepada 3 mahasiswa Politeknik Banjarnegara berupa Dana Pendidikan sebesar Rp. 1.500.000,- dan Rp. 750.000,- per semester selama tiga tahun.

Untuk tahun akademik 2021/2022 Politeknik Banjarnegara akan menerima setidaknya 90 mahasiswa baru dari lulusan SMA/MA/SMK/Kejar Paket B untuk 3 program studi yaitu D-3 Kebidanan, D-3 Kesehatan Lingkungan, dan D-3 Agroindustri.

Pendaftaran calon mahasiswa baru dilayani setiap hari sampai awal September 2021 secara on-line melalui laman: https://www.polibara.ac.id atau hadir langsung ke kampus pada jam kerja (07.30-16.00).

Politeknik Banjarnegara memiliki kerjasama pendidikan dan riset dengan kampus di Hiroshima, Jepang. Setiap tahunnya dosen dan atau mahasiswa mulai tahun 2020 lalu dikirim ke Hiroshima University dan Hijiyama University untuk joint-seminar dan student short study program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *