Dies Natalis 9, Politeknik Bertekad Tingkatkan Kualitas

Politeknik Banjarnegara menggelar Rapat Senat Terbuka memperingati Dies Natalis ke-9 yang berlangsung di auditorium kampus, Minggu (11/6) bertepatan dengan tanggal 16 Ramadhan 1438 H. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Banjarnegara, Prof. Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum memaparkan beberapa pencapaian yang telah berhasil diraih Politeknik Banjarnegara dan tekad untuk selalu meningkatkan kualitas.

“Setiap kali kita memperingati Dies Natalis, makna penting yang terkandung di dalamnya adalah muhasabah, perenungan diri, tentang siapa kita, apa tugas dan fungsi kita, sejauh mana kinerja kita selama ini, dan mau kemana Politeknik Banjarnegara ke depan,” kata Prof Teguh.

Menurutnya, apabila dikaitkan dengan puasa ramadhan yang tujuannya untuk meningkatkan ketaqwaan, yang harapannya bahwa setiap selesai puasa ramadhan, ketaqwaan menjadi semakin bertambah, maka dalam konteks Dies Natalis tersebut dirinya berharap Politeknik Banjarnegara akan menjadi semakin baik lagi.

Beberapa pencapaian yang berhasil diraih Politeknik Banjarnegara diantaranya perolehan nilai akreditasi B untuk semua program studi serta peningkatan kualitas tenaga pengajar atau dosen. “Kualitas dosen merupakan hal yang sangat penting dalam kemajuan perguruan tinggi. Kualifikasi Dosen di Politeknik Banjarnegara 90 persen sudah bergelar S2 dan 10 persen masih dalam tugas belajar untuk meraih gelar S2. Target Politeknik Banjarnegara pada tahun 2018 semua dosen sudah memperoleh gelar akademik minimal Magister,” katanya.

Selama kurun waktu 9 tahun Politeknik Banjarnegara telah menghasilkan 66 judul penelitian dan 76 kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dalam waktu 4 tahun berturut-turut dosen Politeknik Banjarnegara telah berhasil memenangkan hibah penelitian dan pengabdian dari Kementerian RISTEK DIKTI. Selain itu penggunaan teknologi informasi juga menjadi prioritas yang dilakukan. “Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian sehingga mampu bersaing baik di tingkat regional maupun nasional,” kata Prof. Teguh.

Sementara itu Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya berharap Politeknik Banjarnegara sebagai institusi pendidikan tinggi untuk selalu bisa berkiprah dan memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat.

Menurutnya, selama sembilan tahun berdiri Politeknik Banjarnegara tentunya telah mengalami berbagai hambatan dan rintangan. Namun dibalik semua itu tentunya ada hikmah yang bisa diambil. “Sembilan tahun sudah Politeknik berdiri, banyak kenangan-kenangan luar biasa yang dilalui, semoga semuanya bisa membawa hikmah dan manfaat bagi kita semua,” kata Wabup Syamsudin.

Peringatan Dies Natalis 9 dilanjutkan dengan tabligh akbar bersama Ust. Andy Julianto dan Alana, seorang peserta Hafiz Indonesia 2017 yang berasal dari Banjarnegara dan diakhiri tasyakuran  serta buka puasa bersama seluruh civitas akademika Politeknik Banjarnegara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *