Calon Wisudawan Politeknik Ikuti Pelatihan Sistem Manajemen

Calon wisudawan Program Studi (Prodi) Kesehatan Lingkungan Politeknik Banjarnegara mengikuti kegiatan pengenalan dan pemahaman tentang sistem manajemen berbasis standarisasi, beberapa waktu lalu. Kegiatan yang berlangsung di auditorium Politeknik Banjarnegara tersebut terselenggara atas kerjasama Politeknik Banjarnegara dengan Bina Profesi Institute Surabaya.

Ketua Penyelenggara Barni, MA mengatakan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan tersebut diantaranya adalah untuk memberikan solusi praktis kepada lulusan baru (fresh graduated) agar memiliki daya saing yang lebih pada saat menghadapi dunia kerja dengan berbagai kemampuan yang dimiliki.

Sebagai calon wisudawan memperoleh nilai akademis yang tinggi bukanlah merupakan jaminan untuk bisa memenangkan persaingan dalam dunia kerja nantinya, namun diperlukan strategi jitu dan langkah-langkah cerdas untuk bisa mendapatkan karier sesuai dengan yang diidamkan. Menurut Barni, keahlian atau kompetensi non akademis, saat ini memegang peranan yang sangat penting dalam dunia kerja. Banyak lowongan pekerjaan yang lebih mensyaratkan kepada hal tersebut. “Tujuan umum dari pelatihan ini adalah agar saat lulus para mahasiswa benar-benar sudah siap untuk terjun ke dunia kerja. Kata “siap” disini bukan hanya siap dengan ijazah tetapi dengan segala pengetahuan yang dibutuhkan untuk terjun ke dunia kerja,” kata Barni.

Seorang pemateri sedang memberikan penjelasan dalam pelatihan sistem manajemen berbasis standarisasi di Politeknik Banjarnegara (1)

Materi utama dalam kegiatan tersebut adalah ISO 9001 yaitu Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan dan OHSAS 18001 yaitu Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Selain ketiga materi utama tersebut, peserta pelatihan juga mendapatkan materi tambahan berupa motivasi dan tips untuk dapat menembus dunia kerja.

Kepala UPT Humas Bondan Hary Setiawan, SP, MP mengatakan Politeknik Banjarnegara dengan tiga Prodi unggulannya yaitu Kesehatan Lingkungan, Agroteknologi dan Kebidanan merupakan perguruan tinggi vokasi yang salah satu misinya adalah menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, profesional, kompetitif, siap bekerja, produktif, mandiri, dan siap berwirausaha.

Menurut Bondan, para lulusan Politeknik Banjarnegara selain dibekali dengan ilmu dan pengalaman sesuai dengan disiplin ilmu yang telah dipelajarinya juga dibekali dengan berbagai kemampuan tambahan yang menjadikannya siap terjun dan memiliki kemampuan lebih untuk bersaing dalam dunia kerja dan berwirausaha.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk tahun ini Politeknik Banjarnegara akan mewisuda 93 mahasiswanya yang terdiri dari 28 mahasiswa Prodi Kesehatan Lingkungan, 18 mahasiswa Prodi Agroteknologi dan 47 mahasiswi Prodi Kebidanan. “Prosesi wisuda dan rapat senat terbuka akan dilaksanakan 25 Agustus mendatang,” kata Bondan.

33

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *