Berkunjung ke Politeknik, Anak KB Belajar di Sawah

Sekitar 70 siswa-siswi Kelompok Bermain (KB) Adzkia, Kamis (23/11) lalu melakukan kunjungan ke Kampus Politeknik Banjarnegara. Kunjungan kali ini, mereka diajak berkeliling areal lahan pertanian yang digunakan sebagai tempat praktikum mahasiswa dan penelitian para dosen Program Studi Agroteknologi.

Raysanda, seorang guru pendamping mengatakan kegiatan kunjungan tersebut disesuaikan dengan tema pembelajaran yang sedang dilaksanakan di sekolah. “Tema bulan ini adalah sawah, setelah mereka menerima pelajaran secara teori di sekolah, sekarang kami ajak secara langsung untuk melihat dan mengenal  areal persawahan,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa dikenalkan dengan berbagai sarana produksi pertanian diantaranya bibit padi, lahan persawahan dan traktor. Tidak hanya itu, semua siswa juga berkesempatan terjun secara langsung ke dalam sawah untuk belajar serta mempraktekkan bagaimana cara menanam bibit padi. Selanjutnya secara bergantian para siswa bisa menaiki mini traktor dan hand traktor yang sehari-harinya digunakan untuk mengolah tanah.

Ketua Program Studi Agroteknologi, Dwi Ari Cahyani, STP, M.Sc mengatakan kegiatan semacam itu merupakan salah satu bentuk pendidikan dan pengabdian Politeknik Banjarnegara untuk berperan aktif dalam penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang pertanian. Selain melibatkan dosen, para peserta juga dipandu langsung oleh mahasiswa.

Menurut Dwi Ari, pihaknya sering menerima kunjungan dari berbagai pihak baik dari  lembaga pendidikan mulai dari tingkat KB sampai SMA maupun perorangan atau kelompok. Beberapa materi yang disampaikan diantaranya pengolahan hasil pertanian, hidroponik dengan berbagai model, pembibitan dan penanaman, pembuatan pupuk organik dan lain-lain. “Untuk materinya biasanya sudah ditentukan dari sana, namun cara penyampaiannya kita sesuaikan dengan kondisi para peserta. Untuk tingkatan KB dan TK tentunya akan kita kemas sedemikian rupa menyesuaikan usia mereka,” katanya.

Joko Malis Sunarno, S.Si, M.Si. Med, Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni mengatakan Politeknik Banjarnegara memiliki berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan demi kemajuan ilmu dan pengetahuan bagi masyarakat. “Dengan segala fasilitas dan potensi yang Politeknik miliki, mudah-mudahan akan terus dan selalu memberikan manfaat kepada masyarakat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *