Awal 2019, Puluhan Alumni Politeknik Terserap Dunia Kerja

Di awal tahun 2019 puluhan alumni Politeknik Banjarnegara lolos seleksi sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan CPNS di lingkungan pemerintah kabupaten/kota. Terdapat sekitar 23 lulusan Program Studi Kesehatan Lingkungan yang tahun ini diterima bekerja sebagai tenaga sanitarian di Puskesmas baik sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atapun CPNS.

Sementara itu, beberapa alumni Program Studi Kebidanan juga dinyatakan lulus sebagai CPNS di lingkungan pemerintah kabupaten Purbalingga dan Wonosobo. Untuk optimalisasi kinerja alumni Politeknik, pekan lalu diselenggarakan kegiatan Orientasi Kinerja Tenaga Sanitarian oleh Program Studi Kesehatan Lingkungan yang diikuti puluhan alumni yang pada Januari ini mulai ditempatkan di unit kerja masing-masing.

“Kami ingin alumni Politeknik benar-benar mampu secara profesional menjalankan tugasnya di tempat kerja, kami berkewajiban memberikan ilmu kinerja kepada mereka melalui orientasi sehari. Banyak hal yang dibahas dan sangat berguna untuk penguatan kinerja seperti pemahaman kode etik, peran, fungsi dan kompetensi sanitarian atau tenaga kesehatan lain,” terang Dr. Tuswadi, Direktur Politeknik Banjarnegara.

Wahyu Nur Setiawan, salah satu alumni, sangat mengapresiasi gebrakan Politeknik Banjarnegara untuk mengakomodir kebutuhan para alumni menjelang tes seleksi dan penempatan kerja. Sehari sebelum pelaksanaan tes seleksi pegawai, puluhan alumni hadir ke kampus Politeknik Banjarnegara dilatih wawancara kerja.

“Kami dibekali karakter unggul sebagai seorang sanitarian, kami dinasehati untuk selalu menjaga disiplin kerja. Kami juga diberikan penguatan agar selalu menjaga kejujuran, tanggung jawab, komitmen, dan integritas. Semua itu akan kami bawa ke tempat pengabdian sehingga kinerja kami benar-benar berkualitas,” kata Ridlo Wibowo, alumni kesehatan lingkungan 2018 yang diterima bekerja di Puskesmas Batur 1.

Bayu Suseno, Ketua Program Studi Kesehatan Lingkungan Politeknik Banjarnegara menegaskan bahwa orientasi sebelum dan sesudah proses seleksi pegawai bagi alumni Politeknik akan diselenggarakan setiap tahun sekali. Dengan demikian, kesiapan dan tingkat kelulusan alumni di ajang seleksi pegawai selalu dapat ditingkatkan. Harapannya kedua kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para alumni sehingga ke depan mereka mampu menjadi abdi negara dan abdi masyarakat yang mumpuni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *