Anggota KP Serayu 2 Berlatih Pertanian di Politeknik

Puluhan ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Perempuan (KP) Serayu 2, Desa Sered Kecamatan Madukara beberapa waktu lalu melakukan kegiatan pelatihan pertanian di Politeknik Banjarnegara. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dan dipandu secara langsung oleh dosen-dosen Program Studi Agroteknologi.

Seorang dosen, Eko Apriliyanto, SP, M.Si mengatakan materi yang disampaikan diantaranya budidaya sayuran dan tanaman keras serta pembuatan pupuk organik dan pestisida hayati. “Pelatihan budidaya sayuran sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga karena bisa diterapkan pada lahan di sekitar rumah,” ungkapnya. Selain itu, juga disampaikan materi tentang model pemanfaatan lahan sempit pekarangan rumah yaitu dengan sistem hidroponik dan vertikultur.

Secara teknis, pelatihan tersebut terbagi dalam dua kegiatan utama yaitu penyampaian materi dalam kelas dan kegiatan praktikum di laboratorium dan lahan sekitar laboratorium. “Politeknik Banjarnegara memiliki sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya serta didukung dengan sarana dan fasilitas praktikum yang lengkap, sehingga banyak pelajar, masyarakat maupun kelompok organisasi yang berlatih tentang pertanian,” katanya.

Eko menambahkan, untuk kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik dipilih dedaunan sebagai bahan utamanya sedangkan untuk praktikum pembuatan pestisida, para peserta diajarkan cara pembuatan pestisida berbahan gulma siam atau yang sering disebut dalam bahasa latin chromolaena odorata.

Ketua KP Serayu 2, Lili Anggraeni menjelaskan tujuan dari kegiatan pelatihan tersebut adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi seluruh anggota khususnya dalam bidang pertanian mulai dari budidaya, perbenihan sampai dengan pengolahan hasil pertanian.

“Mudah-mudahan anggota KP Serayu 2 bisa segera mengimplementasikan ilmu yang telah didapat dari pelatihan ini,” kata Lili. Menurut dia banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dalam kegiatan pelatihan tersebut. Setelah mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan kepada para peserta pelatihan untuk dapat menyebarkan ilmu yang telah didapatnya.

Sementara itu Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Politeknik Banjarnegara, Lukmanul Hakim, STP., M.Sc mengatakan pihaknya selalu membuka kesempatan kepada pihak manapun untuk bersama-sama memajukan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *