Akreditasi, Polibara Jalani Asesmen Lapangan Secara Daring

Akreditasi, Polibara Jalani Asesmen Lapangan Secara Daring

Sebagai rangkaian proses akreditasi perguruan tinggi, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan kegiatan asesmen lapangan  terhadap Politeknik Banjarnegara yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Asesmen lapangan dilaksanakan secara daring dikarenakan masih masa pandemi yang belum usai hingga saat ini.

Tim Assesor BAN PT yang bertugas untuk kegiatan asesmen lapangan daring Politeknik Banjarnegara yakni Prof. Dr. dr. Indri Safitri Mukono dari Universitas Airlangga dan Dr. Ir. Mery Hasmeda, M.Sc dari Universitas Sriwijaya.

Ketua Tim Akreditasi Politeknik Banjarnegara, Eko Apriliyanto, SP., M.Sc mengatakan kegiatan asesmen lapangan secara daring dilaksanakan selama dua hari, Jum’at-Sabtu (13-14 November 2020). Pada hari pertama, kegiatan dibagi menjadi beberapa sesi yang diimulai dengan pembukaan, sesi dengan pimpinan perguruan tinggi, sesi dengan pelaksana penjaminan mutu internal, sesi dengan tim akreditasi dan dilanjutkan dengan sesi dengan middle manajemen perguruan tinggi serta ditutup dengan sesi alumni dan pengguna eksternal.

Pada hari kedua, asesmen lapangan dilanjutkan sesi dengan dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa dan pada sesi terakhir dilaksanakan penandatanganan berita acara asesmen lapangan dan penyampaian rekomendasi hasil akreditasi ke perguruan tinggi.

“Serangkaian proses konfirmasi data maupun wawancara dilakukan menggunakan aplikasi zoom meeting. Tidak hanya melakukan konfirmasi data dan wawancara terhadap pengelola program studi, dosen, mahasiswa maupun tenaga pendidik, namun juga dilakukan live streaming terhadap fasilitas-fasilitas penunjang yang mendukung seperti fasilitas laboratorium, ruang kelas dan lain sebagainya.

Direktur Politeknik Banjarnegara, Dr. Tuswadi mengatakan dengan adanya kegiatan asesmen lapangan ini sangat penting untuk evaluasi peningkatan mutu pendidikan perguruan tinggi, sehingga dapat memperoleh pengakuan atas kualitas pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan standar jaminan mutu. Harapannya semoga asesmen lapangan mendapatkan hasil yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *